Sasar Perempuan Kantoran, Nutrify Tawarkan Jasa Katering Sehat

Memastikan setiap produknya memenuhi standar, Nutrify berkonsultasi dengan ahli gizi.
Desy Setyowati
16 Juni 2018, 07:00
Nutrify
Instagram/@nutrify.id
Nutrify Catering

Tren gaya hidup sehat di tengah masyarakat urban yang penuh kesibukan telah melahirkan berbagai peluang usaha, termasuk bisnis katering sehat. Salah satu pelaku bisnis ini adalah Nutrify Catering. Menjual tiap porsi makananya seharga Rp 60-95 ribu, Nutrify betul-betul menjaga produknya sesuai standar gizi.

Untuk itu, pemilik Nutrify Catering Anthony Lukmawijaya sampai merekrut ahli gizi. "Itu salah satu cara membedakan diri dengan yang lain," ujarnya dalam diskusi S-Talks di Cyber 2 Tower, Jakarta, Selasa (5/6) lalu. Faktor pembeda memang penting karena persaingan pada segmen ini cukup ketat.

Anthony sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan keuangan. Sejak 2015, ia sudah menabung untuk membuka usaha kuliner sehat ini. Selama setahun pertama, bisnis ini dioperasikan oleh adik dan saudaranya. Belakangan, ia mengundurkan diri dari tempatnya bekerja dan fokus menjalankan Nutrify.

(Baca juga: Chillibags Siap Perkenalkan Cita Rasa Sambal Nusantara ke Dunia)

Advertisement

Tantangannya kemudian adalah menemukan keseimbangan antara kandungan nutrisi dan rasa makanan. Dalam bisnis katering, menu baru harus selalu dimunculkan agar konsumen tak bosan. Di Nutrify, proses itu kemudian memerlukan tambahan waktu karena setiap ide juru masak harus dikonsultasikan dengan ahli gizi.

Tak jarang, usulannya ditolak ahli gizi karena belum memenuhi standar yang diinginkan. "Kami revisi lagi kalau tidak boleh. Tantangannya di situ," kata dia.

Dengan proses yang rigid itu, Nutrify bisa melayani pesanan 150-200 paket makanan per hari. Meski, perusahaan ini baru dua tahun berdiri.

Menyasar perempuan kantoran yang ingin berdiet, Nutrify menjual jasa kateringnya dengan sistem paket mingguan. Yang mana, satu paket katering berisi lima kali makan siang pada hari kerja. Makanan tersebut akan diantar langsung setiap hari ke kantor atau rumah pemesan di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

(Baca juga: Berkah Go-Food bagi Pisang Goreng Bu Nanik)

Harga paket yang ditawarkan antara Rp 300-475 ribu per pekan, atau sekitar Rp 60-95 ribu per hari. Toh Anthony menolak produknya disebut mahal. "Karena market yang kami incar memang premium," katanya. Selain itu, Nutrify sesekali memberikan paket promosi seharga Rp 35 ribu per porsi.

Untuk memasarkan produknya, Nutrify memanfaatkan media sosial Instagram dengan akun @Nutrify.id yang sudah diikuti oleh 16,7 ribu pengguna. Sementara kontak dan pemesanan dilayani melalui channel WhatsApp, Line dan surat elektronik.

Pada segmen katering sehat, Nutrify Catering memiliki beberapa pesaing. Clean Cookery, misalnya, menyediakan menu diet dengan metode paleo yang fokus pada asupan protein. Clean Cookery juga rajin berpromosi lewat media sosial khususnya Instagram melalui akun @cleancookery. Mirip Nutrify Catering, bisnis juga menawarkan menu khas beberapa negara seperti vietnamese beef salad.

(Baca juga: Lewat Internet, Eatlah Populerkan Aneka Menu Bersaus Telur Asin)

Ada pula 3 Skinny Minnies, yang menawarkan paket makanan khusus bagi yang ingin diet hingga ibu hamil dan menyusui. Harganya beragam, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta untuk makan siang dan malam selama lima hari kerja. Katering ini juga sering menawarkan potongan harga, bagi yang memesan untuk tiga pekan atau sebulan.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait