Gandeng Danamas, Traveloka Rilis Fitur Cicilan

Fitur cicilan tersedia dengan pilihan tenor sebulan hingga setahun.
Desy Setyowati
6 Juni 2018, 16:26
Bandara Soekarno Hatta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas memeriksa tiket di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin (19/6).

Perusahaan agen tiket online Traveloka meluncurkan layanan baru yang diberi nama PayLater. Melalui layanan ini, pengguna bisa memesan produk seperti tiket transportasi, akomodasi, dan rekreasi, namun pembayarannya dicicil dalam kurun waktu sebulan hingga setahun.

Traveloka mengklaim, bunga yang ditawarkan kepada pengguna ringan. "Fitur PayLater diharapkan menjadi one-click payment solution bagi pengguna," ujar Senior Vice President Financial Products Traveloka Alvin Kumarga dalam siaran pers yang diterima Katadata, Rabu (6/6).

Agar bisa menjalankan layanan ini, Traveloka menggandeng PT Pasar Dana Pinjaman atau Danamas. Sebab, Danamas merupakan salah satu pemegang lisensi peer-to-peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Fitur ini hadir sebagai opsi pembayaran yang baru tanpa biaya tersembunyi dan menawarkan beragam pilihan rencana angsuran," ujar dia.

Melalui situs Traveloka, konsumen hanya bisa mengakses fitur anyar tersebut untuk produk tiket pesawat dan hotel. Namun, jika melalui aplikasi Traveloka versi 2.19 ke atas, layanan itu bisa digunakan untuk seluruh produk termasuk tiket kereta api, bus, tavel, serta aktivitas dan rekreasi.

(Baca juga: Sri Mulyani Konsultasikan Perjalanan Dinas Pemerintah dengan Traveloka)

Para pengguna hanya perlu mengisi formulir aplikasi dan mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan salah satu dokumen lain seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Kartu Keluarga (KK) untuk bisa menggunakan fitur PayLater ini. Lalu, dengan mengunggah dokumen tambahan seperti  Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak atau slip gaji, para pengguna bisa memperoleh batas pembelian produk dan layanan hingga Rp 10 juta.

Untuk bisa memesan produk Traveloka menggunakan fitur PayLater, pengguna bisa memilih opsi travelokaPay, lalu pilih PayLater. Lalu isi formulir aplikasi, dan tunggu konfirmasi dari Traveloka melalui email guna mengetahui apakah aplikasi Anda disetujui. Jika aplikasi telah disetujui, pengguna sudah bisa menggunakan fitur PayLater.

Adapun, saat ini aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali. Produk yang ditawarkan seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, paket pesawat dan hotel, aktivitas dan rekreasi, konektivitas, transportasi bandara, hingga direktori kuliner.

Traveloka sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai low-cost dan full service untuk rute domestik dan internasional. Perusahaan ini juga memiliki akses inventori akomodasi di Asia Tenggara, meliputi hotel, apartemen, guest house, homestay, resort dan villa.

Traveloka juga menawarkan lebih dari 40 opsi pembayaran lokal yang berbeda untuk konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait