Susul Facebook, Instagram Bakal Izinkan Pengguna Mengunduh Data Mereka

Tool seperti ini akan membuat pengguna lebih memahami seberapa banyak data yang mereka serahkan ke media sosial.
Desy Setyowati
12 April 2018, 18:55
Instagram
Techcrunch.com

Instagram sedang menyiapkan tool baru yang memungkinkan pengguna mengunduh semua konten yang telah mereka bagikan ke platform media sosial tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa memiliki arsip portabel atas konten Instagram mereka.

“Anda akan segera bisa mengunduh salinan dari apa yang telah Anda unggah di Instagram, termasuk foto, video, dan pesan,” kata seorang juru bicara Instagram seperti dikutip The Verge, Kamis (12/4).

Belum jelas apakah ragam aktivitas dan detail seperti seperti likes, komentar, maupun daftar pengikut serta akun yang diikuti juga bisa turut diunduh dengan tool tersebut atau tidak. Instagram juga belum menyatakan tanggal pasti tool ini bisa digunakan.

(Baca juga: Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Bocor, Anda Termasuk?)

Advertisement

Sebelumnya, tool serupa juga sudah tersedia di Facebook yang notabene adalah induk Instagram. Sejak 2010, Facebook memungkinkan pengguna mengunduh semua informasi yang pernah mereka bagikan, termasuk foto, pesan, iklan yang diklik, hingga rekam jejak aktivitas.

Tool seperti ini membuat pengguna lebih memahami seberapa banyak data yang mereka serahkan ke layanan media sosial. Apalagi, belakangan terungkap insiden pencurian 87 juta data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica.

Selain itu, regulasi baru Uni Eropa, General Data Protection Regulation (GDPR) memang mewajibkan jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram memiliki alat data portable semacam itu. Kebijakan Instagram akan membuatnya bisa memenuhi aturan yang mulai berlaku pada 28 Mei 2018 tersebut.

Reporter: Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait