Rebut Hati Konsumen Pria, Shopee Genjot Penjualan Produk Elektronik

Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan Sony menjadi merek produk elektronik yang paling banyak dicari.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
9 Maret 2018, 17:20
Shopee
ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Chief Executive Officer Shopee Chris Fang (tengah kiri), Head Of Operations Shopee Handhika Jahja (tengah kanan), Vice President Consumer Deposit Bank Mandiri Anki Tienannsari (kanan) dan aktor Gading Marten (kiri) meresmikan promosi aplikasi mobile belan

Setelah dikenal sebagai marketplace yang menjual pakaian dan aneka pernik wanita, Shopee kini juga berusaha menarik minat konsumen pria. Shopee pun menggelar promosi untuk menjual aneka produk elektronik.

"Di Shopee, pertumbuhan tiga grup besar yaitu fesyen, elektronik, dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) sangat cepat. Tapi dari segi value, (produk elektronik) bisa jauh lebih besar karena harganya lebih mahal," ujar Director of Shopee Indonesia Christin Djuarto saat diskusi media bertajuk 'tren belanja produk elektronik via online' di JSC Hive, Jakarta, Jumat (9/3).

Tanpa menyebut nilainya, Christin menyatakan bahwa sepanjang 2017, transaksi produk elektronik di Shopee meningkat lebih dari 25 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Mayoritas pembeli produk elektronik merupakan laki-laki, dengan barang yang paling banyak dibeli adalah ponsel pintar (smartphone), peralatan gaming, speaker, dan televisi sirkuit tertutup (Closed Circuit Television/CCTV). Sementara perempuan, paling banyak membeli aksesoris ponsel, mesin jahit, mouse, dan polaroid.

(Baca juga: Shopee Catatkan Transaksi Rp 59 Triliun, 40% dari Indonesia)

"Kami lihat tren pembelian produk elektronik secara online akan terus berkembang. Sebab, ada banyak jenis produk yang tersedia, ada kemudahan, dan ada promo menarik," kata Christin.

Adapun, mayoritas pembeli menggunakan kata kunci jenis produknya, ketimbang mereknya. Kata kunci jenis produk yang paling banyak dicari adalah handphone murah, kipas angin, lampu, laptop, dan pengisi daya gawai (powerbank). Sedangkan nama merek yang paling banyak dicari yaitu Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan Sony.

Pembeli dan penjualnya pun tersebar di seluruh Indonesia. "Pengiriman terjauh itu produk Mixer Miyako dari Jambi ke Jayapura," tutur Christin.

Untuk terus menggenjot transaksi produk elektronik, Shopee meluncurkan kampanye elektronik bertema 'Shopee Mega Electronics Sale' pada 1-28 Maret 2018. Dalam program ini, Shopee memberikan diskon hingga 90% untuk beragam produk elektronik dan total hadiah lebih dari Rp 1 milliar.

(Baca juga:  Citi Beri Diskon Belanja di Lima Raksasa E-Commerce)

Untuk menjamin keamanan konsumen saat bertransaksi produk elektronik yang bernilai tinggi, Shopee menawarkan tiga layanan yaitu review dan rating; costumer service 24 jam; serta, garansi pengembalian uang 100%. "Garansinya berlaku sepekan, kalau pengiriman bermasalah, uangnya masih ditahan di Shopee sebelum dikasih ke penjual," kata Christin.

Menurut Ahli Siber Kementerian Koordinasi Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Kemenkopolhukam) Kun Arief Cahyantoro, keamanan menjadi alasan utama meningkatnya kepercayaan pengguna untuk berbelanja online di kategori elektronik. "Keamanan dan garansi after sales yang paling diperhatikan. Review juga banyak dilihat konsumen," kata dia.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait