Kominfo Catat 305,78 Juta Nomor Kartu Prabayar Telah Terdaftar

Pemblokiran total bagi nomor telepon seluler yang tidak didaftarkan akan dilakukan pada 1 Mei 2018.
Pingit Aria
28 Februari 2018, 16:13
Ponsel internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberi batas waktu pendaftaran nomor kartu prabayar hingga hari ini, 28 Februari 2018. Hingga pukul 12.52 WIB tadi, 305.782.219 nomor pelanggan telah diregistrasikan.

Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah melakukan registrasi dan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) secara benar.

“Pelanggan yang tidak melakukan registrasi ulang sampai 28 Februari 2018, akan dilakukan pemblokiran layanan secara bertahap,” kata Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M.Ramli, Rabu (28/2).

Rinciannya, mulai 1 Maret 2018, dilakukan pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (outgoing SMS). Dalam keadaan ini, pelanggan masih dapat menerima telepon dan SMS masuk serta menggunakan data internet.

Advertisement

(Baca juga: Telkomsel dan Indosat Beri Bonus Kuota bagi Pendaftar Kartu Prabayar)

Selanjutnya, apabila pelanggan tidak melakukan registrasi sampai tanggal 31 Maret 2018, maka mulai 1 April 2018 dilakukan pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan menerima layanan pesan singkat (incoming SMS). Dalam keadaan ini, pelanggan juga tidak dapat melakukan panggilan keluar dan layanan pesan singkat keluar, juga tidak bisa menerima layanan panggilan dan SMS. Namun, pemblokiran tidak mencakup layanan data internet.

Terakhir, apabila pelanggan tidak melakukan registrasi sampai tanggal 30 April 2018, maka pada tanggal 1 Mei 2018 dilakukan pemblokiran total. Dalam keadaan ini, pelanggan tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, serta tidak dapat menggunakan layanan data internet.

Hanya, selama belum dilakukan pemblokiran total, pelanggan masih tetap dapat melakukan registrasi ulang.

(Baca juga: 4 Faktor yang Membuat Registrasi Kartu Prabayar Gagal)

Ramli juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan NIK dan nomor KK yang bukan haknya untuk melakukan registrasi. “Termasuk yang diperoleh dari internet dan sumber lain, karena itu merupakan pelanggaran hukum,” kata Ramli.

Reporter: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait