I.Saku, Uang Elektronik Milik Grup Salim Kantongi Izin BI

I.Saku merupakan bagian dari Grup Salim, tepatnya di bawah naungan Indoritel yang mengelola gerai Indomaret.
Pingit Aria
26 Februari 2018, 18:56
Ilustrasi i.Saku, aplikasi uang elektronik Grup Salim
i.Saku

Grup Salim kini menjadi salah satu konglomerasi pemegang lisensi penerbit uang elektronik dari Bank Indonesia (BI). PT Inti Dunia Sukses, pengembang aplikasi mobile e-money i.Saku merupakan bagian dari Grup Salim melalui Indoritel, yang menaungi gerai retail Indomaret.

PT Inti Dunia Sukses yang tercatat sebagai pemegang lisensi penerbit uang elektronik di Bank Indonesia per 10 Oktober 2017. Aplikasi i.Saku saat ini sudah tersedia di platform iOS dan Android. 

Aplikasi ini sudah dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk setor tunai, belanja, maupun tarik saldo dengan basis token. Semua transaksi tersebut bisa dilakukan melalui sekitar 14 ribu gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbagai jenis promo dan program loyalitas untuk pelanggan Indomaret kini juga mulai disatukan ke dalam aplikasi tersebut. “Layanan ini dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel, Indosat, XL, dan Axis,” demikian tertulis pada keterangan aplikasi i.Saku, Senin (26/2).

(Baca juga: Rendahnya Penetrasi Perbankan Digital Dianggap sebagai Peluang)

Pemanfaatan jaringan retail offline untuk pengembangan sistem pembayaran yang dilakukan oleh Grup Salim ini juga telah dilakukan oleh Grup Lippo. Sebelumnya, Grup Lippo meluncurkan berbagai promosi bagi peengguna uang elektronik OVO yang berbelanja di jaringan mal dan supermarket miliknya.

Dengan lisensi ini, semakin dalam penetrasi Grup Salim di industri digital. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan oleh Sudono Salim ini telah berkecimpung di jagat e-commerce melalui akuisisi Elevenia. Selain itu, melalui joint venture bersama LOTTE Group dari Korea Selatan, Salim juga menginisiasi iLOTTE.

Reporter: Pingit Aria
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait