Google: Ibu Rumah Tangga Gemar Belanja Produk Bayi di Toko Online

Desy Setyowati
22 Februari 2018, 15:58
Harbolnas 2017
Donang Wahyu|KATADATA

Survei yang dilakukan oleh Google menunjukan 1 dari 4 pengguna internet di Indonesia adalah ibu rumah tangga. Salah satu kegiatan mereka di dunia maya adalah belanja, baik untuk diri sendiri maupun keluarganya. Ibu rumah tangga yang terakses internet dapat membeli variasi produk perawatan bayi lebih banyak dibanding yang offline.

"Ibu rumah tangga yang sudah online membeli variasi produk lebih banyak atau 3,5 kali dibanding yang offline," ujar Industry Analyst Google Ariyani Dwijayanti kepada wartawan di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Kamis (22/2).

Perhitungan itu berdasarkan kajian bahwa ibu rumah tangga yang online akan memilih tipe produk 2,3 kali lebih banyak dibanding yang offline. Mereka juga membeli produk perawatan bayi dengan ukuran 1,5 kali lebih besar dan 1 x lebih mahal. Akan tetapi, merek produk yang dibeli biasanya tidak berubah.

(Baca juga: Mendag dan E-Commerce Bahas Kewajiban Jual Produk Lokal)

Setidaknya, Google mencatat setiap ibu rumah tangga memiliki satu hingga tiga merek produk yang dipercayai. "Biasanya kalau sudah cocok dengan bayinya, tidak akan beralih," tutur dia.

Awalnya, hanya 29% dari ibu rumah tangga yang online mengaku terbuka dengan brand-brand baru. Lalu setelah melakukan riset, sebanyak 59% menjadi lebih terbuka dengan brand baru.

Grafik: PDB Sektor Pergudangan, Penunjang Angkutan, Pos dan Kurir (2014-2017)
PDB Sektor Pergudangan, Penunjang Angkutan, Pos dan Kurir (2014-2017)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...