143,3 juta Penduduk Indonesia Punya Akses Internet, Hampir 60% di Jawa

Desy Setyowati
19 Februari 2018, 18:20
Ponsel internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Sebanyak 143,3 juta orang atau 54,7% dari jumlah penduduk Indonesia telah terhubung ke internet pada 2017. Jumlah tersebut meningkat sekitar 8% dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 132,7 juta orang. Namun, hampir 60% pengguna internet Indonesia masih terpusat di Jawa.

Dalam survei yang digelar Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) bekerjasama dengan Teknopreneur Indonesia, penetrasi pengguna internet masih terpusat di perkotaan, di mana 72,41% penduduk urban bisa berselancar di dunia maya.

Lalu, di kawasan rural-urban atau wilayah antara desa dan kota, hanya 49,5% yang sudah terhubung internet. Sedangkan di daerah rural atau perdesaan hanya 48,3% yang sudah terhubung internet.

CEO TeknoPreneur M Andy Zaky berharap data ini bisa dimanfaatkan pemerintah dalam mengambil kebijakan. “Kalau mau dorong inklusi (keuangan) harusnya ada perhatian lebih untuk meningkatkan penetrasi di wilayah rural-urban dan rural,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (19/2).

(Baca juga: BPS Kesulitan Mendata Transaksi dan Omzet E-Commerce)

Berdasarkan wilayah, komposisi pengguna internet terbesar berada di Pulau Jawa yakni 58,1%. Setelah itu di Sumatera dengan komposisinya 19% dan Kalimantan 8%. Sedangkan wilayah lainnya yakni Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua masing-masing komposisinya sebesar 6,7%, 5,6%, dan 2,5%.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...