Ditopang Alibaba, Lazada dan Tokopedia Dominasi Pasar E-Commerce 2017

Michael Reily
28 Desember 2017, 09:50
Lazada e-commerce
Arief Kamaludin|KATADATA

Lazada dan Tokopedia yang sama-sama mendapat suntikan modal dari Alibaba mendominasi pasar e-commerce Indonesia sepanjang 2017. Sementara, Shopee, Blibli, dan Bukalapak menempel ketat di bawahnya.

Alibaba memang secara agresif mengembangkan kepemilikan saham di Lazada Indonesia menjadi 83% dari 51%. Lalu mengalirkan dana investasi sebesar US$ 1,1 miliar ke Tokopedia. “Keduanya mantap di posisi satu dan dua, sepanjang tahun ini,” kata Indah Mustikasari, Content Marketer iPrice dalam keterangan yang diterima Katadata.

Advertisement

Selain itu, iPrice Group yang mendasarkan riset mereka dengan mengumpulkan data Google Trends melihat bahwa Shopee, Blibli, dan Bukalapak bersaing memperebutkan posisi ketiga hingga lima. Selain itu, masuknya konglomerasi Salim Group dan Lotte yang meluncurkan iLotte juga turut meramaikan persaingan.

(Baca juga:  WTO Perpanjang Moratorium, Indonesia Ngotot Tarik Pajak E-Commerce)

Persaingan e-commerce memang terbilang ketat. Menurut riset Google - Temasek soal ekonomi digital di Asia Tenggara menyebut, nilai transaksi e-commerce Indonesia tahun ini mencapai US$ 10,9 miliar. Melonjak pesat sebesar 41% dibandingkan 2015 yang mencapai nilai US$ 5,5 miliar.

Kunjungan Pelanggan E-Commerce

iPrice juga melakukan analisis kunjungan per bulan e-commerce pada 2017 dengan menggunakan data Similarweb periode Januari hingga November. Kemudian, hasilnya disortir menjadi 10 besar peringkat e-commerce berdasarkan rata-rata pengunjung per bulan di setiap kuartal.

Lazada dan Tokopedia kembali berada di nomor pertama dan kedua, bersaing dengan promosi online dan fitur-fitur baru. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, yang resmi menjadi penasihat e-commerce Indonesia juga secara tidak langsung berpengaruh pada dominasi Lazada dan Tokopedia.

(Baca juga: Survei: Milenial Pilih Pelesir, Beli Gawai & Mobil Ketimbang Properti)

Bukalapak juga berhasil naik ke posisi ketiga pada pertengahan tahun. Menyalip Elevenia yang bertahan pada 6 bulan pertama di peringkat ketiga, namun kinerjanya melorot ke rangking 7 dan 9. "Tahun ini, Bukalapak juga mengumumkan pendanaan tambahan dan mengklaim sebagai unicorn," ujar Indah.

Blibli dan Shopee berhasil mengamankan nomor 4 dan 5 setelah 6 bulan. Blibli naik satu peringkat dari posisi ke-5 menjadi ke-4, mengisi kekosongan Elevenia. Shopee pun menyeruak masuk dari posisi 7 jadi yang kelima.

Upaya promosi besar-besaran Zalora juga patut mendapat perhatian. "Bagaimana pun, tujuan dari setiap pelaku bisnis e-commerce adalah mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin untuk diarahkan menjadi pembeli," tutur Indah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement