Facebook, PayPal, Google hingga Tencent Suntik Investasi ke Gojek

Pingit Aria
3 Juni 2020, 08:52
Gopay
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gopay

Gojek mengumumkan Facebook dan PayPal resmi menjadi investor di dalam penggalangan dana perseroan putaran terkini. Selain itu, Google dan Tencent kembali menambah investasi setelah kedua raksasa digital itu menanamkan investasi di Gojek pada penggalangan dana putaran sebelumnya.

Bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor, menyusul Google dan Tencent, mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan. 

Advertisement

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, bergabungnya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan perusahaan teknologi paling inovatif di dunia terhadap dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara.

Menurutnya, pandemi Covid-19 dapat diartikan sebagai bentuk peringatan bahwa perekonomian menjadi lebih kuat dan Tangguh harus didukung dengan infrastruktur digital yang mumpuni dan memberikan berbagai opsi untuk masyarakat dalam melakukan transaksi.

“Kami melihat peran Gojek dalam mensinergikan para ahli di seluruh dunia, memfasilitasi kolaborasi guna menghasilkan masa depan yang lebih baik di Asia Tenggara,” katanya dalam siaran pers, Rabu (3/6).

(Baca: Gojek Siapkan Skenario Layanan Ojek Online saat New Normal)

Layanan pembayaran digital dari Gojek, yaitu GoPay, sejak lama berfokus untuk meningkatkan akses ekonomi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bergabungnya perusahaan-perusahaan teknologi global ini bersama Gojek akan membantu mempercepat misi tersebut.

Bisnis ini dianggap punya potensi besar di tengah mayoritas UMKM di Asia Tenggara masih mengandalkan uang tunai. Sebab, sebagian besar masyarakat di wilayah ini belum memiliki layanan perbankan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyatakan bahwa sejak berdiri, Gojek selalu mendukung pertumbuhan UMKM. “Sekarang, dengan sejumlah perusahaan teknologi terbaik di dunia sebagai mitra, kami percaya bahwa kami bisa tetap memberikan produk dan layanan berkelas dunia yang unik bagi seluruh pihak di ekosistem Gojek,” tuturnya.

Arus pendanaan oleh Facebook, PayPal, Google, Tencent dan perusahaan-perusahaan global lainnya akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi. Gojek berkomitmen untuk membantu usaha mikro, kecil, menengah hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka.

Sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah membantu ratusan ribu merchant untuk melakukan digitalisasi dan memberikan mereka akses kepada lebih dari 170 juta pengguna di  seluruh Asia Tenggara.

(Baca: Transaksi GoPay Naik, Gojek Ungkap 3 Strategi Jaga Keamanan Pengguna)

Layanan pembayaran digital Gojek memfasilitasi miliaran transaksi setiap tahun dan merupakan layanan dompet digital terbesar di Indonesia. Sebagian besar dari pencapaian ini adalah kontribusi dari GoFood, layanan antar makanan terbesar di Indonesia dan perluasan cakupan layanan GoPay di sektor lain di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement