Umur Belasan dengan Uang Miliaran, Inilah 5 Seleb TikTok Terkaya Dunia

Seperti halnya influencer di Instagram dan Youtube, seleb TikTok dengan jutaan pengikut juga mendapat kontrak iklan bernilai jumbo.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
11 Agustus 2020, 16:43
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Dari Tiongkok, TikTok kini menjadi media sosial yang digemari anak muda. Larangan menggunakan platform berbagi video pendek itu di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan India tak menyurutkan popularitasnya.

Seperti para pendahulunya, Instagram dan Youtube, TikTok juga punya selebritasnya sendiri. Dengan jutaan pengikut setia, para seleb ini pun menjadi incaran para pengiklan.

Majalah Forbes baru saja merilis daftar seleb TikTok terkaya dunia selama periode 30 Juni 2019 hingga 30 Juni 2020. Untuk menunjang risetnya, Forbes berbicara dengan influencer itu sendiri, agen, manajer, pemasar, dan investor.

Daftar Forbes berfokus pada bintang-bintang asli TikTok, dan untuk alasan itu, tidak termasuk selebritis tradisional seperti Dwayne Johnson dan Jason Derulo atau YouTubers seperti Zach King yang juga memiliki pengikut besar pada TikTok.

Para seleb TikTok ini umumnya masih berusia belia, namun penghasilannya mencapai jutaan dolar atau puluhan miliar rupiah. Berikut lima di antaranya:

1. Addison Rae Easterling  

Easterling membuat video dance di TikTok setahun lalu, saat dirinya mulai kuliah di Louisiana State University (LSU). Gerakannya yang luwes menunjukkan latar belakang Easterling yang pernah menjadi penari di masa kanak-kanaknya.

Easterling ingat suatu hari pada bulan Oktober 2019 lalu, ketika ia mulai dikenali di seantero kampus. “Orang-orang menyapa ketika saya berjalan ke kelas, itu sangat mengejutkan,” kata gadis 19 tahun ini.

Dengan 54,1 juta pengikut di TikTok, Easterling berhasil membukukan pendapatan sekitar US$ 5 juta atau setara Rp 73,5 miliar pada tahun lalu.

Selain mengiklankan berbagai merek, ia juga memiliki lini make up Item Beauty, dan juga kerja sama dengan American Eagle, dan Spotify. Bersama sejumlah rekan sesama seleb TikTok, Easterling terlibat dalam terbentuknya Hype House, wadah bagi content creator untuk memasarkan profil mereka lebih luas.

2. Charli D'Amelio

Charli pertama kali mengunggah videonya di TikTok pada Juni 2019. Beberapa videonya kemudian viral dan mengundang banyak pengikut.  Tak berselang lama, penyanyi Bebe Rexha mengundang Charli untuk bergabung dengannya pada pembukaan konser Jonas Brother di Brooklyn.

Setelah itu, ia meninggalkan rumahnya di Norwalk, Connecticut dan hijrah ke Los Angeles. Di sana, ia menjadi bintang tamu di sejumlah acara TV, dan menggandeng sejumlah brand ternama seperti EOS Cosmetics.

Baru berulang tahun yang ke-16 pada Mei 2020 lalu, Charli menikmati kesuksesan sebagai influencer muda. Iia merilis merchandise dengan namanya sendiri, seperti hoodie edisi terbatas seharga US$ 60. Pendapatannya dari TikTok ditaksir mencapai US$ 4 juta atau sekitar Rp 58,8 miliar.

3. Dixie D'Amelio  

Dixie adalah kakak perempuan Charli D'Amelio. Bersama Charli, Dixie juga hijrah ke Los Angeles. Mereka juga sering tampil bersama di TikTok.

Saat ini jumlah pengikut Dixie di TikTok mencapai 32 juta orang. Kakak-beradik D'Amelio telah menandatangani kontrak dengan merek fesyen Hollister, dan brand kosmetik Morphe.

Selain meraih ketenaran di TikTok, Dixie juga meniti karir di dunia musik dengan merilis single pertamanya "Be Happy" pada Juni 2020 lalu. Single itu mendapat 58 juta penayangan saat rilis, dan menjadi video nomor satu di YouTube, mengungguli video musik Kanye West-Travis Scott yang dirilis pada hari yang sama.

Penghasilan yang didapat Dixie dari TikTok disebut-sebut mencapai US$ 3 juta atau sekitar Rp 44 miliar.

4. Loren Gray

Karier Loren Gray tidak dimulai dengan jalan yang mulus. Ia sempat berseteru dengan talent manager, sebelum kemudian memutuskan untuk menjadi manager untuk dirinya sendiri. "Satu-satunya orang yang tahu bagaimana cara mencitrakan Loren Gray adalah Loren Gray sendiri," katanya dalam sebuah wawancara.

Ia membuktikan ucapannya dengan tidak menjalin kerja sama dengan agen, manajer, maupun konsultan public relation. Ternyata, cara ini cukup berhasil untuknya.

Pada 2018, ia menandatangani kontrak dengan Virgin Records dan telah merilis delapan single sejak saat itu. Sampai dengan musim semi ini, Gray memiliki fanbase terbesar di antara seleb TikTok lain.  

Ia mendapat sponsor dari brand-brand ternama seperti Skechers, Hyundai, Burger King, hingga Revlon. Pendapatan Gray dari TikTok ditaksir mencapai US$ 2,6 juta atau setara Rp 38 miliar.

5. Josh Richards

Sempat berseteru dengan influencer lain, Richards juga terlibat dengan Sway House, wadah kolektif TikToker yang mendapat reputasi buruk karena gemar berpesta dan terlibat narkoba. Ia kini telah meninggalkan grup itu, dan mmeperbaiki hidupnya. "Aku menyusuri jalan yang tidak pernah kurencanakan sebelumnya," katanya.

Berkat TikTok, Richards berhasil memperoleh penghasilan dari berbagai sumber, seperti kontrak sponsor dengan Reebok dan HouseParty. Selain itu, ia juga mendapat pemasukan dari iklan YouTube, dan kerja sama dengan Warner Records.

Tidak hanya itu, Richards juga mendirikan talent management-nya sendiri, yakni TalentX, dan bisnis minuman Ani Energy. Dari TikTok, dia membukukan setidaknya US$ 1,5 juta atau Rp 22 miliar. 

Richards mengawali karirnya di TikTok dengan citra sebagai remaja "edgy" dari Toronto, Kanada. Awal karirnya dimulai dengan video tarian, bernyanyi, dan juga lip-sync.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait