Alimama dan Potret Bisnis Rating Palsu E-commerce Indonesia

Pingit Aria
1 Oktober 2020, 12:24
Ilustrasi HL - Telaah ecommerce
123rf/ llesia
Ilustrasi HL - Telaah ecommerce

Ulasan dan peringkat kepuasan (rating) dari pelanggan merupakan faktor penting dalam penjualan produk atau jasa secara online. Penilaian dari pembeli lain berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan sebab konsumen tidak bisa melihat produk yang akan dibeli melalui e-commerce.

Belanja online memang telah menjadi normal baru bagi masyarakat. Di Indonesia, 96% pengguna internet telah melakukan transaksi online, berikut gambarannya di Databoks:

Advertisement

 

Menurut Bright Local, 85% konsumen mempercayai ulasan pembeli lain saat berbelanja online. Mereka bahkan menilai ulasan online itu seperti rekomendasi personal dari orang-orang yang dikenalnya.

Sayangnya, tidak semua ulasan itu asli. Hasil dari ivestigasi tim peneliti Cornell University menemukan ada 10% ulasan produk yang dianggap palsu.

Begitu pula peringkat atau rating toko online bisa dipalsukan, termasuk dengan membuat transaksi fiktif. Ada bisnis yang berkembang melalui modus ini.

Di luar negeri, penulis ulasan palsu bisa menawarkan jasa mereka di platform seperti Fiverr.com dengan bayaran hingga $5 untuk setiap ulasan. Di Indonesia, dengan struktur yang lebih kompleks dan terkait dengan investasi ilegal, ada Alimama.

Alimama, Bukan Alibaba

Alimama Indonesia (almm.qdhtml.net) belakangan ramai diberitakan karena diduga melakukan penipuan dengan modus penghimpunan dana. Setelah menyetor sejumlah dana, anggota Alimama harus pura-pura belanja di toko online tertentu untuk menaikkan rating-nya di marketplace.

“Satu orang sampai 60 kali order setiap hari,” kata Ayu, seorang mantan anggota Alimama, Rabu (30/9).

Sebagai imbalan, anggota akan mendapat komisi sebesar 0,22% dari setiap transaksi fiktif yang dilakukannya. Produk dan toko online yang menjadi target para anggota ini merupakan mereka yang bekerja sama dengan Alimama. “Ada merchant Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli, tapi kami transaksinya harus lewat Alimama jadi saldo kami tidak terpotong,” ujar Ayu.

Merasa ada yang salah dari apa yang dilakukannya, Ayu memutuskan berhenti. Ia menarik uang Rp 2 juta yang sempat disetorkannya. Sementara komisi Rp 300 ribu yang seharusnya didapat ternyata habis oleh potongan biaya administrasi.

Ia masih beruntung sebab banyak anggota lain yang belakangan kesulitan menarik dana yang disetorkan. Laporan atas aplikasi ini masuk ke kepolosian di berbagai wilayah, Jakarta, Bogor, Surabaya hingga Bengkulu.

Pemerintah kemudian membekukan aplikasi Alimama. “Kami sudah mengumumkan kepada masyarakat dan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing kepada Katadata.co.id, Selasa (29/9).

Meski namanya sama, skema bisnis Alimama Indonesia berbeda dengan Alimama asli di Tiongkok. Sebab, Alimama yang asli, juga Lazada di Indonesia, merupakan bagian dari Alibaba Group.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement