Pesta Diskon 11.11 di Tengah Pandemi, Masihkah Meriah?

Berbagai marketlace menawarkan aneka promosi dalam pesta diskon 11.11. Shopee mencatatkan penjualan pembuka hingga enam kali lipat dibanding tahun lalu.
Pingit Aria
11 November 2020, 13:57
Pekerja melakukan penyortiran barang-barang pesanan pada moment belanja daring 11.11 digudang salah satu situs belanja online di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (13/11/2019). Banyaknya barang pesanan tersebut karena adanya diskon besar yang diberika
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja melakukan penyortiran barang-barang pesanan pada moment belanja daring 11.11 digudang salah satu situs belanja online di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (13/11/2019). Banyaknya barang pesanan tersebut karena adanya diskon besar yang diberikan sejumlah perusahan e-Commerce pada tanggal khusus yakni belanja 11.11 sehingga minat belanja masyarakat meningkat tajam.

Pesta diskon 11.11 adalah saat berbagai e-commerce menawarkan berbagai promosi untuk aneka produk mulai dari elektronik, kecantikan hingga kebutuhan sehari-hari. DI tengah pandemi Covid-19, apakah pesta diskon yang diperingati pada 11 November 2020 ini tetap semarak?

Ajang promo 11.11 dimulai dari perayaan “Singles Day” atau “Hari Jomblo” yang merupakan antitesis dari “Valentine’s Day”. Tak pasti siapa yang sebetulnya pertama kali memulai perayaan ini. Tapi saduran dari The Telegraph mengungkapkan bahwa para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing-lah yang memulai perayaan “Single’s Day" dalam lingkup kampus pada tanggal 11 November pada era 90-an.

Masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi status lajang. Alih-alih bermuram durja, para mahasiswa ini mengapresiasi diri sendiri lewat bermacam hal yang menyenangkan, seperti makan enak, karaoke, hingga berbelanja.

Dari perayaan lokal, “Single’s Day" menjadi gegap gempita saat diadopsi oleh Alibaba menjadi pesta diskon seharian pada tanggal 11 November 2009. Kesuksesan Alibaba melakukan make-over dalam momen Singles Day kemudian menghadirkan ketertarikan dari para pelaku e-commerce lain untuk berpartisipasi.

Pesta belanja 11.11 yang mengadopsi perayaan “Single’s Day” mulai marak dirayakan di Asia Tenggara khususnya Indonesia pada 2016. Tahun ini, iPrice merangkum beberapa merchant yang turut berpartisipasi. Berikut di antaranya:

Shopee 11.11 Big Sale

Para pengguna aplikasi Shopee sudah bisa menikmati rangkaian pesta diskon 11.11 sejak 12 Oktober 2020 lalu. Shopee juga menawarkan promo gratis Ongkos Kirim bagi customer yang akan memilih metode pembayaran melalui COD (Cash on Delivery).

Dalam satu jam pertama sejak festival belanja dimulai pada dini hari, 11 November 2020, Shopee mencatat peningkatan transaksi hingga 6x lipat dibandingkan tahun lalu. Transaksi terbesar yang dilakukan pada jam pembukaan di 11 November bernilai lebih dari Rp 30 juta, dari seorang konsumen yang membeli dua smartphone, action cam, serta deterjen pembersih.

Lazada 11.11 Paling Laris

Sudah pasti Lazada yang merupakan bagian dari Grup Alibaba juga ikut berpartisipasi dalam periode sale tahunan ini. Jika kita menilik page Lazada untuk tahun ini Lazada menghadirkan berbagai macam produk yang diklaim “Paling Laris” terdiri dari berbagai kategori produk, produk tanaman, fesyen hingga pewangi ruangan.

Blibli Histeria 11.11

Tak mau kalah, Blibli sebagai salah satu e-commerce besutan lokal juga  menggelar promo Histeria 11.11. Ada voucher dan cashback hingga 100% yang ditawarkan untuk pembelian pertama. Selain itu, Blibli juga menawarkan promosi khusus bagi pengguna yang berhasil mengundang temannya untuk menjadi pengguna baru.

JD.ID HARJOYNAS 11.11

Berbeda dengan Harbolnas yang jatuh pada tanggal 12.12 nanti, JD.ID mengusung tema unik Harjoynas untuk ikut berpartisipasi dalam event tahunan 11.11 di Indonesia. Mematok harga mulai dari 1 Rupiah periode diskon ini sudah dimulai sejak 1 November 2020 lalu.

Zalora 11.11 Wondersale

E-commerce fesyen Zalora juga ikut meramaikan dengan sale yang ditawarkan mencapain 80% bagi beberapa produk baju, celana dan sepatu. Mereka juga menampilkan berbagai merek yang ikut berpartisipasi dalam sale kali ini. Sebut saja Coach, Vans dan The Executive.

Sociolla 11.11 Wonder Sale

E-commerce lokal khusus produk kecantikan yang baru saja ekspansi bisnis mereka ke Vietnam tidak mau kalah. Sociolla  mengadakan flash sale pada tanggal 11 nanti dan ada beberapa produk yang harganya mulai dari 11 Rupiah. Periode sale yang mereka tawarkan tergolong unik dimana sale itu dibagi menjadi beberapa waktu berbeda mulai dari 11 pagi hingga 9 malam hingga tanggal 11 November nanti.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait