Pesta Diskon 11.11 di Tengah Pandemi, Masihkah Meriah?

Pingit Aria
11 November 2020, 13:57
Pekerja melakukan penyortiran barang-barang pesanan pada moment belanja daring 11.11 digudang salah satu situs belanja online di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (13/11/2019). Banyaknya barang pesanan tersebut karena adanya diskon besar yang diberika
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja melakukan penyortiran barang-barang pesanan pada moment belanja daring 11.11 digudang salah satu situs belanja online di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (13/11/2019). Banyaknya barang pesanan tersebut karena adanya diskon besar yang diberikan sejumlah perusahan e-Commerce pada tanggal khusus yakni belanja 11.11 sehingga minat belanja masyarakat meningkat tajam.

Pesta diskon 11.11 adalah saat berbagai e-commerce menawarkan berbagai promosi untuk aneka produk mulai dari elektronik, kecantikan hingga kebutuhan sehari-hari. DI tengah pandemi Covid-19, apakah pesta diskon yang diperingati pada 11 November 2020 ini tetap semarak?

Ajang promo 11.11 dimulai dari perayaan “Singles Day” atau “Hari Jomblo” yang merupakan antitesis dari “Valentine’s Day”. Tak pasti siapa yang sebetulnya pertama kali memulai perayaan ini. Tapi saduran dari The Telegraph mengungkapkan bahwa para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing-lah yang memulai perayaan “Single’s Day" dalam lingkup kampus pada tanggal 11 November pada era 90-an.

Masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi status lajang. Alih-alih bermuram durja, para mahasiswa ini mengapresiasi diri sendiri lewat bermacam hal yang menyenangkan, seperti makan enak, karaoke, hingga berbelanja.

Dari perayaan lokal, “Single’s Day" menjadi gegap gempita saat diadopsi oleh Alibaba menjadi pesta diskon seharian pada tanggal 11 November 2009. Kesuksesan Alibaba melakukan make-over dalam momen Singles Day kemudian menghadirkan ketertarikan dari para pelaku e-commerce lain untuk berpartisipasi.

Pesta belanja 11.11 yang mengadopsi perayaan “Single’s Day” mulai marak dirayakan di Asia Tenggara khususnya Indonesia pada 2016. Tahun ini, iPrice merangkum beberapa merchant yang turut berpartisipasi. Berikut di antaranya:

Shopee 11.11 Big Sale

Para pengguna aplikasi Shopee sudah bisa menikmati rangkaian pesta diskon 11.11 sejak 12 Oktober 2020 lalu. Shopee juga menawarkan promo gratis Ongkos Kirim bagi customer yang akan memilih metode pembayaran melalui COD (Cash on Delivery).

Dalam satu jam pertama sejak festival belanja dimulai pada dini hari, 11 November 2020, Shopee mencatat peningkatan transaksi hingga 6x lipat dibandingkan tahun lalu. Transaksi terbesar yang dilakukan pada jam pembukaan di 11 November bernilai lebih dari Rp 30 juta, dari seorang konsumen yang membeli dua smartphone, action cam, serta deterjen pembersih.

Lazada 11.11 Paling Laris

Sudah pasti Lazada yang merupakan bagian dari Grup Alibaba juga ikut berpartisipasi dalam periode sale tahunan ini. Jika kita menilik page Lazada untuk tahun ini Lazada menghadirkan berbagai macam produk yang diklaim “Paling Laris” terdiri dari berbagai kategori produk, produk tanaman, fesyen hingga pewangi ruangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...