Riset Awal 2021: Dompet Digital ShopeePay Kalahkan GoPay dan OVO

Fahmi Ahmad Burhan
2 Maret 2021, 16:56
Ilustrasi platform Shopee
Google Play Store
Ilustrasi platform Shopee

Riset dari NeuroSensum menyatakan bahwa ShopeePay mendominasi pasar dompet digital Indonesia pada awal 2021. ShopeePay disebut mengalahkan OVO dan GoPay karena terintegrasi dengan e-commerce Shopee dan mempunyai strategi promosi yang efektif.

NeuroSensum menyebut, banyak pengguna e-commerce yang menggunakan lebih dari satu dompet digital. ShopeePay mendapatkan penetrasi pasar tertinggi sebesar 68%. Kemudian, OVO 62%, DANA 54%, GoPay 53%, dan LinkAja 23%. 

ShopeePay juga menguasai pangsa pasar e-wallet Tanah Air karena terintegrasi dengan e-commerce Shopee. Menurut Tika, banyak responden NeuroSensum yang beranggapan bahwa integrasi ShopeePay dengan Shopee memudahkan konsumen dalam berbelanja online. 

"ShopeePay sangat digemari karena kemudahan dalam berbelanja online. Apabila berbelanja dengan platform Shopee, transaksinya semuanya ada dalam satu aplikasi, dan mudahkan pengguna," ujar Research Manager Neurosensum Indonesia Tika Widyaningtyas dalam konferensi pers virtual pada Selasa (2/3).

ShopeePay juga unggul dari sisi volume yakni 29% dari total transaksi. Kemudian, OVO 25% dari total, GoPay 21%, DANA 20% dan LinkAja 6%.  Sedangkan, nilai transaksi tertinggi dari belanja offline dan online yang menggunakan ShopeePay 33%. Porsinya mengalahkan OVO 24%, GoPay 19%, DANA 18%, dan LinkAja 6%.

Secara frekuensi pun, pengguna bertransaksi dengan ShopeePay rata-rata 14,4 kali per bulan. OVO digunakan bertransaksi 13,5 kali per bulan, GoPay 13,1 kali, DANA 12,2 kali, dan LinkAja 8,2 kali.

Kemudian 35% responden mengaku bahwa ShopeePay merupakan bentuk dompet digital yang paling sering digunakan, disusul OVO 27%, GoPay 20%, DANA 14%, serta LinkAja 5%.

Survei NeuroSensum menjaring 1.000 responden pengguna aktif e-commerce berusia produktif 19-45 tahun di delapan kota besar di Indonesia. Riset dilakukan dari November 2020 hingga Januari 2021.

Bagaimanapun, riset DailySocial pada akhir tahun lalu masih menyebut GoPay sebagai pemain dominan dalam perebutan pangsa pasar dompet digital di Indonesia. Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...