Bank Mandiri Gandeng Traveloka Genjot Transaksi Kartu Kredit

Dalam program ‘Jelajah Keindahan Indonesia’ yang digelar bersama Traveloka, Bank Mandiri menawarkan promo hotel, pesawat, dan atraksi di 10 destinasi wisata.
Miftah Ardhian
Oleh Miftah Ardhian
23 Agustus 2017, 14:55
Mandiri Online
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi (kiri) bersama Direktur Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyono (tengah) dan Senior EVP CTO Bank Mandiri Joseph G. Godong (kanan) saat peluncuran layanan Mandiri Online di Jakarta, Selasa (21/3/2017)

PT Bank Mandiri (Persero) menggandeng perusahaan travel online Traveloka untuk mendongkrak transaksi kartu kredit. Dalam program ‘Jelajah Keindahan Indonesia’, Bank Mandiri akan memberikan promo untuk pemesanan hotel, pesawat, dan atraksi di 10 destinasi wisata yang kerap disebut sebagai ‘Bali Baru’.

Senior Vice President Credit Card Bank Mandiri Vira Widyasari menuturkan, transaksi kartu kredit perusahaannya pada akhir Juli 2017 naik 9,6%. Dari angka itu, sekitar 17% merupakan transaksi yang terkait dengan perjalanan, baik untuk pemesanan hotel maupun travel.

Program kerja sama yang banyak dilakukan ini juga sebagai upaya meningkatkan transaksi kartu kredit Bank Mandiri secara online. “Strategi kami untuk meningkatkannya adalah dengan banyak kerja sama dengan airlines, lalu dengan travel agent seperti Traveloka ini. Sehingga, nasabah dimudahkan untuk order tiket maupun hotel,” ujar Vira di Jakarta, Rabu (23/8).

(Baca juga: Kondisi Bank Membaik, OJK Perketat Lagi Aturan Restrukturisasi Kredit)

Vira menjelaskan, pertumbuhan transaksi online ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan melebihi pertumbuhan transaksi offline. Namun, secara total nilai, transaksi offline masih mendominasi sebesar 85%.

“Paling banyak masih didominasi grocery, retail dan shopping. Termasuk untuk asuransi, rumah sakit, dan restoran,” ujar Vira. Non Performing Loan (NPL) dari kartu kredit Bank Mandiri pun diklaim cukup bagus. 

Selain untuk menggenjot pertumbuhan transaksi dan nasabah kartu kredit Bank Mandiri yang telah mencapai 2 juta orang, program ini juga dilakukan untuk pengembangan wisata. Bank Mandiri ingin membantu merealisasikan program pemerintah yakni pengembangan 10 destinasi wisata baru tersebut.

(Baca juga: OJK Akan Beri Kemudahan Restrukturisasi Kredit untuk Bank Tertentu)

Vira menjelaskan, dalam program ini, Bank Mandiri dan Traveloka memberikan penawaran harga terbaik untuk paket pesawat dan hotel, atau atraksi dan rekreasi di 10 destinasi wisata yang meliputi Candi Borobudur, Kepulauan Seribu, Danau Toba, Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Bromo Tengger Semeru, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai, ditambah Bali itu sendiri.

Di samping harga spesial tersebut, bagi pemegang kartu kredit Bank Mandiri akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa diskon sejumlah Rp 720 ribu untuk pemesanan pesawat + hotel dan diskon sejumlah Rp 200 ribu untuk atraksi dan rekreasi di 10 destinasi wisata tersebut. Terdapat pula fitur cicilan 3 dan 6 bulan untuk pembayaran. 

Atas hal tersebut, Deputi Kementerian Pariwisata Bidang Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata Esthy Reko Astuty menuturkan, program kerja sama ini sangat diapresiasi oleh pemerintah lantaran memberikan promosi khusus ke 10 destinasi wisata tersebut.

(Baca juga: OJK Proyeksikan Rasio Kredit Macet Perbankan di Bawah 2% pada 2018)

“Bentuk dukungan ini tentu saja akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan dapat mendorong perekonomian melalui sektor pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Marketing Traveloka Dannis Muhammad mengatakan, dengana danya kerja sama ini dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi beragam destinasi wisata lokal. 

“Hal ini tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat pertumbuhan penerbangan domestik mencapai 56% dari tahun 2011-2016. Sedangkan, pertumbuhan pemesanan hotel meningkat hingga 64% pada periode yang sama,” ujarnya.

Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait