Jokowi Minta Bos Anyar OJK Bantu Akses Perbankan Masyarakat

"Karena banyak masyarakat belum bisa akses industri ini, baik bank mau pun jasa keuangan lainnya," kata Wimboh.
Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2017, 17:42
Wimboh
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022, Wimboh Santoso

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso jelang siang tadi menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangan Wimboh untuk melapor bahwa dirinya sudah dilantik sebagai pucuk pimpinan institusi tersebut.

Usai menghadap Jokowi, Wimboh mengatakan dirinya menerima beberapa arahan dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Di antaranya adalah untuk membantu meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat kecil.

"Karena banyak masyarakat belum bisa akses industri ini, baik bank mau pun jasa keuangan lainnya," kata Wimboh di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/7).

(Baca juga: Berhemat, Bos Baru OJK Cabut Fasilitas Mewah dan Pangkas Jabatan)

Arahan lainnya adalah bagaimana sektor keuangan yang stabil mampu membantu pembiayaan pembangunan ke depannya. Atas perintah Jokowi tersebut, Wimboh akan mempertimbangkannya dalam waktu dekat ini.

"Intinya bekerja dengan baik agar memberi kontribusi kepada stabilitas," kata Wimboh.

Dalam kesempatan ini, Wimboh juga mengomentari ditahannya tingkat suku bunga Bank Indonesia semalam. Dia mengatakan hal tersebut merupakan keputusan yang tepat dari bank sentral.

Sedangkan mengenai tingkat suku bunga perbankan yang belum turun, Wimboh hanya mengatakan OJK masih akan menunggu. "Kita lihat saja, beberapa bank sudah mulai single digit," kata Wimboh.

(Baca juga: Usai Dilantik MA, Dewan Komisioner OJK Jalankan Dua Langkah Awal)

Usai pelantikannya kemarin, Wimboh mengatakan, langkah pertama yang akan dikerjakannya adalah efisiensi berupa penghematan anggaran dan rapat koordinasi untuk menentukan posisi anggota dewan komisioner. Dia juga akan segera menyusun program kerja secepatnya dengan memperhatikan ekspektasi dari industri jasa keuangan.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait