Paket Kebijakan Ekonomi XV Terkait Arus Barang Diumumkan Hari Ini

Paket kebijakan ekonomi XV akan mengatur masalah logistik.
Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2017, 11:25
Pusat Logistik Berikat
Arief Kamaludin|KATADATA
Pusat Logistik Berikat milik PT CKB yang menimbun barang untuk supporting migas dan pertambangan di Cakung, Jakarta. Paket kebijakan ekonomi XV tentang logistik akan dikeluarkan hari ini.

Istana Kepresidenan memastikan paket kebijakan ekonomi XV akan diumumkan hari ini. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan paket tersebut akan disampaikan pada pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Besok pada pukul 15.00 akan disampaikan (paket ekonomi XV)," kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/6) kemarin.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Namun, Darmin masih enggan merinci isi paket kebijakan yang telah berbulan-bulan disiapkannya tersebut.

(Baca juga: Dikenal Investor, Pelabuhan Belang-belang Masuk Jalur Tol Laut)

Paket kebijakan ekonomi teranyar itu nantinya akan fokus pada tiga hal. Pertama, memberikan pasar bagi perusahaan pelayaran; kedua, penyimpanan barang gudang secara online; dan ketiga, sistem Indonesia National Single Window (INSW) akan diperbarui dan dibuat lebih mandiri.

Peluncuran paket kebijakan ini sebelumnya telah tertunda beberapa kali. Bahkan, Darmin pernah menargetkan paket ini keluar pada akhir Januari 2017.

Dalam menyusun Paket Kebijakan Ekonomi XV, pemerintah telah menerima berbagai masukan dari kalangan pengusaha. Mereka ingin agar paket kebijakan ini bisa menciptakan iklim usaha di sektor logistik yang lebih adil antara swasta dan badan usaha milik negara (BUMN).

(Baca juga: Genjot Ekspor, Jokowi dan Duterte Buka Rute Kapal Roro Davao-Bitung)

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi misalnya, berharap dengan adanya paket tersebut maka sistem distribusi akan lebih baik. Yukki menginginkan akan ada Sistem Logistik Daerah (Sislogda) serta Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang terintegrasi dengan paket XV.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait