Legenda NBA Kobe Bryant Meninggal Dunia, Berikut Torehan Prestasinya

Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter bersama putrinya, Gianna Bryant.
Pingit Aria Mutiara Fajrin
Oleh Pingit Aria Mutiara Fajrin
27 Januari 2020, 07:27
Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California, AS, Minggu (26/1).
Instagram/@kobebryant
Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California, AS, Minggu (26/1).

Legenda basket Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat, Minggu (26/1) waktu setempat.

New York Post melaporkan, Bryant menjadi satu di antara sembilan penumpang yang jadi korban kecelakaan helikopter di kawasan Calabasas. Putri keduanya, Gianna ‘Gigi’ Bryant turut dalam kecelakaan tersebut.

TMZ Sports melansir, helikopter pribadi Bryant mengalami kebakaran dan sempat berputar-putar sebelum jatuh. Hingga kini, penyebab kecelakaan masih dalam investigasi pihak berwenang.

Bryant masuk daftar pebasket legendaris National Basketball Association (NBA) bersama Michael Jordan. Jika Jordan membela Chicago Bulls, maka Bryant adalah bintang Los Angeles (LA) Lakers.

(Baca: Jay-Z hingga Serena Williams jadi Investor Kopi Kenangan)

Berbagai Prestasi

Lahir pada  23 Agustus 1978, Kobe Bryant dikenal sebagai guard untuk LA Lakers. Ditunjang tinggi badan yang menjulang 1,98 meter, bidikan yang tajam membuatnya bersinar di posisi shooting guard.

Dia mengantar LA Lakers lima kali menjadi juara NBA. Cincin juara NBA diraih Kobe Bryant pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Tiga gelar pertamanya diraih bersama center yang juga pemain legendaris NBA, Shaquille O'Neal. Namun, setelah Shaq pensiun, Bryant terus berjaya.

Suami Vanessa Bryant itu bahkan tercatat menjadi pemain terbaik pada NBA Finals pada 2009 dan 2010. Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik atau MVP untuk musim reguler pada 2008.

Selama kariernya, Kobe Bryant 18 kali terpilih bermain di ajang All Star Game. Bahkan di All Star Game, yang mengumpulkan pemain jagoan dari semua klub, ia pernah 4 kali mencatatkan diri sebagai yang terbaik, yaitu pada 2002, 2007, 2009, dan 2011. 

Kobe Bryant
Kobe Bryant (Instagram/@kobebryant)

 

Berbagai torehan prestasi itu menjadikan Kobe Bryant dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. Untuk menghormati prestasinya, LA Lakers memensiunkan nomor punggung 8 dan 24 yang dikenakannya selama bermain. Hal itu menjadikan Kobe Bryant pemain pertama yang dua nomor punggungnya dipensiunkan oleh satu tim di NBA.

Tidak hanya untuk Los Angeles Lakers, Kobe Bryant juga mencatatkan prestasi bersama Tim Basket Nasional AS. Dia meraih dua medali emas, yaitu pada Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Pemain berjuluk 'Black Mamba' ini pensiun dari NBA pada 2016. Gaya mic dropping saat Kobe Bryant berpamitan sambil mengucapkan “Mamba out” menjadi terkenal. Barack Obama pun menirukannya dalam pertemuan terakhir sebagai Presiden dengan koresponden White House pada tahun yang sama, “Obama out”.

Setelah itu, Kobe Bryant terjun ke dunia film, meski temanya tak jauh dari basket. Ia menjadi produser film animasi pendek berjudul "Dear Basketball" dan berhasil membawa pulang Piala Oscar pada 2018. Ia juga menjadi salah satu dari tiga atlet yang namanya terukir dalam Hollywood Hall of Fame, bersama Muhammad Ali dan Magic Johnson.

Video Pilihan

Artikel Terkait