Angela Tanoesoedibjo, Anggota Kabinet Termuda dan Pemred Media

Angela Tanoesoedibjo akan menjadi wakil dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.
Pingit Aria Mutiara Fajrin
Oleh Pingit Aria Mutiara Fajrin
25 Oktober 2019, 16:46
Wakil Menteri Pariwisata - Bekraf, Angela Tanoesudibjo di Istana Merdeka, Jakarta Puaat (25/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon wakil Menteri Periode Tahun 2019-2024.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Menteri Pariwisata - Bekraf, Angela Tanoesudibjo di Istana Merdeka, Jakarta Puaat (25/10/2019). Hari ini presiden Joko Widodo mengumum para calon wakil Menteri Periode Tahun 2019-2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi melantik 12 wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Negara, Jakarta, Jumat siang (25/10) pukul 14.00 WIB. Salah satunya adalah Angela Tanoesoedibjo yang dilantik sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Angela adalah sulung dari lima bersaudara anak pasangan Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Dengan usia yang baru 32 tahun, Angela pun menjadi pejabat termuda di Kabinet Indonesia Maju. Angela pun menambah porsi milenial di kabinet, seperti yang tergambar dalam grafik berikut.

Meski menjadi yang termuda, Angela yakin dirinya mampu mengemban tugas yang diberikan Jokowi. Terlebih, Angela memiliki latar belakang di bidang manajemen media. Dia juga memiliki latar belakang di bidang retail dan finansial.

(Baca: Ini Tugas Khusus Jokowi Kepada 12 Wakil Menteri Baru  )

Saat masih kuliah di Universitas Teknologi Sydney, dan Universitas New South Wales, Australia pada 2008, Angela menjadi salah satu pencetus dan menjadi Editor in Chief dari HighEnd Magazine danHighEnd Teen Magazine.

Setelah lulus, Angela kemudian bergabung di perusahaan sang ayah, MNC Group, sebagai staf keuangan pada tahun 2010. Kemudian, pada 2012, ia dipercaya menjadi Co-Managing Director di MNC Channel bersama Lala Hamid. Dalam satu setengah tahun, keduanya melahirkan Lebih dari 10 saluran baru dan merebranding beberapa saluran lama.

Pada tanggal cantik, 12 Desember 2012, Angela menikah dengan pengusaha bernama Michael Dharmajaya. Keduanya kini telah dikaruniai dua anak.

Di pertengahan tahun 2014, ia menjadi Managing Director Global TV.  Angela juga terlibat dalam rebranding  GlobalTV  menjadi GTV. Kemudian, pada Maret 2018, Angela diangkat menjadi Managing Director RCTI dan GTV.

(Baca: Wamen Pariwisata Angela Tanoesoedibjo Fokus Dorong Destinasi Prioritas)

Kini, ia bersiap meninggalkan semua jabatan tersebut. “Tentunya dengan aturan yang berlaku, saya harus mundur dari segala posisi di bisnis usaha MNC Group,” kata Angela.

Dalam Pemilu legislatif 2019, Angela maju sebagai caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.  Perindo juga yang mengusulkan nama Angela untuk masuk dalam kabinet Jokowi.

Angela akan berkerja sama dengan Wishnutama Kusubandio yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sama-sama bekerja di industri pertelevisian, Angela mengaku kagum pada sosok mantan CEO NET TV itu. “Saya tidak sabar bekerja sama dengan Pak Wishnutama,” kata Angela.

Video Pilihan

Artikel Terkait