RUU Pertanahan Dinilai Tak Berpihak ke Petani dan Masyarakat Adat

Dimas Jarot Bayu
22 September 2019, 16:45
Petani dikawasan Marunda, Cilincing, Jakarta mulai sibuk memanen padi yang sudah mulai menguning (5/7). Rata-rata harga beras kualitas medium di penggilingan sebesar Rp 9.166 per kg atau naik sebesar 0,26 persen. Sedangkan rerata hara beras kualitas renda
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Petani dikawasan Marunda, Cilincing, Jakarta mulai sibuk memanen padi yang sudah mulai menguning (5/7). Rata-rata harga beras kualitas medium di penggilingan sebesar Rp 9.166 per kg atau naik sebesar 0,26 persen. Sedangkan rerata hara beras kualitas rendah di penggilingan sebesar Rp 9.012 per kg, angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,65 persen.

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) menilai Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan yang tengah dibahas DPR bersama pemerintah saat ini bukanlah rancangan aturan yang sesuai dengan agenda reforma agraria. Justru, RUU Pertanahan dianggap tidak berpihak kepada rakyat, petani, juga masyarakat adat.

"RUU Pertanahan mengatur cara negara mengamputasi hak konstitusi agraria petani dan dan setiap warga negara Indonesia," kata Sekretaris Jenderal KPA Dewi Kartika di Jakarta, Minggu (22/9).

Dewi mengatakan, ada berbagai persoalan mendasar terkait dengan RUU Pertanahan. Pertama, RUU Pertanahan tidak sesuai dengan UUD 1945 dan UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA). 

Menurutnya, RUU Pertanahan tidak memiliki prinsip reforma agraria, yakni adanya keadilan, kemanusiaan, dan kedaulatan sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 dan UUPA. Selain itu, RUU Pertanahan tidak memiliki prinsip untuk menyelesaikan konflik, sumber kesejahteraan rakyat, mengatasi kemiskinan, dan pertimbangan ekologis. "Penyimpangan konstitusi dan UUPA terdapat hampir di seluruh bab dan pasal RUU Pertanahan," kata Dewi.

Persoalan kedua, dalam RUU Pertanahan karena terdapat ketentuan bahwa pemerintah dapat menerbitkan hak pengelolaan (HPL) tanah berbasis hak menguasai negara (HMN). Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam Pasal 42-45.

(Baca: Lima Poin Kontroversial dalam RUU Pertanahan yang Akan Disahkan DPR)

Menurut Dewi, pasal-pasal tentang HPL ini serupa dengan konsep domein verklaring di zaman kolonial yang dihapus UUPA. Sebab, melalui berbagai pasal HPL tersebut pemerintah bisa langsung menertibkan tanah yang legalitasnya tidak bisa dibuktikan untuk kemudian menjadi tanah negara.

Hal tersebut dinilainya berpotensi menimbulkan kekacauan penguasaan tanah oleh negara. "Sementara banyak tanah petani dan masyarakat adat itu belum diakui oleh negara. Kalau serta-merta semua tanah di Indonesia (ditertibkan sebagai) tanah negara, sepanjang tidak bisa menunjukkan sertifikat, kan berbahaya,"kata Dewi.

Dewi pun menilai ketentuan HPL dalam RUU Pertanahan berbahaya karena kewenangannya begitu kuat. Dari HPL saja pemerintah bisa menerbitkan hak milik, HGU, dan HGB. 

Persoalan ketiga dalam RUU Pertanahan adalah terkait dengan perpanjangan HGU yang sudah diberikan selama 35 tahun, bisa diperpanjang untuk kedua kalinya sehingga total mencapai 90 tahun. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Pasal 25 RUU Pertanahan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...