Lewat Kreatifood, Bekraf Dorong Pertumbuhan Industri Kuliner

Michael Reily
18 Juli 2019, 10:17
Nasi pecel dan rawon
ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA
Nasi pecel dan rawon

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Kreatifood Expo yang menghadirkan 144 pelaku kreatif sektor kuliner. Pameran kuliner ini adalah tempat pemasaran sekaligus menghubungkan pelaku usaha kuliner kepada kanal distribusi.

"Khususnya hal pemasaran baik dalam maupun luar negeri," kata Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Deputi Pemasaran Bekraf Yuana Rochma Astuti dalam siaran resmi, dikutip Kamis (18/7).

Advertisement

Bekraf juga meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi dengan lokakarya tentang investasi, kesiapan ekspor, serta pengembangan kapasitas produksi. Pameran juga menambahkan peluang investasi baru untuk modal non-perbankan.

Yuana menjelaskan, Bekraf menginisiasi Kreatifood sejak 2016. Tahun ini, sosialisasi di 10 kota besar menghasilkan 144 pelaku usaha yang pameran di Surabaya, akhir pekan lalu. Kategori pameran terbagi dalam zona ready to eat, ready to drink, food service, dan food ingredients.

(Baca: Pemerintah Gelar Lomba Gapura, Hadiah Rp 1 Miliar dan Ketemu Jokowi)

Sejalan dengan program Food Startup Indonesia, pameran yang digelar pada 12-14 Juli 2019 di Surabaya ini membukukan transaksi lebih dari Rp 1 miliar. "Semga subsektor kuliner menyumbang pertumbuhan ekonomi kreatif terbesar, selain itu sebagai wujud intervensi pemerintah," ujar Yuana.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement