Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Aceh Pilih Singgah ke Kuala Lumpur

Pingit Aria
14 Mei 2019, 18:03
Garuda Indonesia akan menjadi maskapai pertama yang menempati Terminal 3 Ultimate, dengan tiga destinasi yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
Arief Kamaludin|KATADATA
Garuda Indonesia akan menjadi maskapai pertama yang menempati Terminal 3 Ultimate, dengan tiga destinasi yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Ada yang berbeda dalam persiapan mudik Ryan Hasri tahun ini. Pria asal Aceh itu harus memutar otak untuk pulang ke kampung halaman dari Jakarta karena mahalnya harga tiket pesawat.

Akhirnya ia memutuskan untuk tidak mengambil penerbangan langsung Jakarta-Banda Aceh, melainkan singgah ke Kuala Lumpur, Malaysia. “Harga tiketnya lebih murah,” kata Ryan saat dihubungi, Selasa (14/5).

Ryan memilih maskapai asal negeri jiran, AirAsia untuk penerbangan tanggal 26 Mei 2019. Untuk rute Jakarta-Kuala Lumpur-Banda Aceh, harga tiketnya Rp 1.264.000, termasuk bagasi 7 kilogram.

Sementara maskapai lokal untuk penerbangan langsung Jakarta-Aceh pada tanggal yang sama, menurutnya yang menawarkan harga terendah adalah Lion Air, yakni Rp 2.180.900. Tapi, jika memilih opsi ini, ia harus mengeluarkan dana ekstra untuk bagasi yang dihargai Rp 190 ribu per lima kilogram.

Menurut Ryan, sebelum lonjakan harga tiket pesawat, dengan bekal Rp 1,5 juta saja, ia bisa terbang Jakarta-Banda Aceh dengan Garuda Indonesia pada low season. Kini, untuk menikmati layanan full service airline, ia harus merogoh kocek setidaknya Rp 3,5 juta sekali jalan.

(Baca juga: Nasib Para Pemudik Lebaran saat Harga Tiket Pesawat Mencekik)

Nasib serupa dialami perantau asal Aceh lain, sebut sama Salman. Rute mudiknya lebih jauh karena ia bekerja sebagai pegawai negeri sipil yang ditempatkan di Ambon, Maluku.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...