Jokowi Resmikan Bandara Internasional Supadio di Pontianak

Pingit Aria
29 Desember 2017, 09:30
Bandara Supadio
Setpres
Presiden Jokowi menyalami Gubernur Kalbar Cornelis usai meresmikan Terminal Baru Bandara Internasional Supadio, Kamis (28/12)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Ultimate Bandara Internasional Supadio Pontianak. Dengan peresmian ini, Presiden berharap pelayanan terbaik dapat diberikan kepada penumpang yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun.

“Kami harapkan bandara ini mampu mencukupi pertumbuhan penumpang 15% di masa depan dan bila memungkinkan harus diperbesar lagi,” kata Jokowi, Kamis (29/12), seperti dikutip dalam siaran pers.

Sebelum diresmikan, PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyelesaikan pembangunan terminal ini sejak Juni 2017 lalu dan mengoperasikannya pada 15 Juni 2017 atau sebelum pelaksanaan Angkutan Lebaran 2017.

Terminal ultimate Bandara Internasional Supadio memiliki luas yang lebih besar daripada terminal lama yakni sebesar 32 ribu meter persegi. Kapasitas bandara ini pun meningkat enam kali lipat dari yang lama, yakni mencapai 3,8 juta penumpang per tahun.

Terminal tersebut dilengkapi dengan fasilitas check in counter berjumlah 40 unit, conveyor 4 unit, lift 7 unit, escalator 5 unit, CCTV 42 unit serta Flight Information Display System (FIDS) 39 unit.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pembangunan terminal baru di Bandara Supadio termasuk unik. Sebab, bangunan terminal baru ini dibangun di lokasi yang sama persis dengan bangunan terminal lama.

Halaman:
Reporter: Maria Yuniar Ardhiati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...