Uni-Eropa Minta Peningkatan Standar Keberlanjutan Sawit Indonesia

Michael Reily
29 November 2017, 11:07
sawit
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Uni-Eropa meminta standar produk kelapa sawit Indonesia ditingkatkan supaya keberlanjutannya bisa terjaga. Duta Besar Uni-Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend menyatakan, peningkatan kualitas kelapa sawit melalui Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) merupakan kabar baik.

Rencana penyetaraan impor kelapa sawit Eropa bakal dimulai pada 2020. “Kami bukannya ingin mempunyai standar ganda, tapi kami ingin memiliki kesamaan standar dengan Indonesia dalam keberlanjutan kelapa sawit,” kata Vincent dalam dialog bisnis Indonesia dan Uni-Eropa di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (28/11).

Advertisement

Ia mengungkapkan, pihaknya ingin berdiskusi dengan pemerintah Indonesia mengenai ISPO untuk menyamakan standar. Sebab, Komisi Uni-Eropa juga telah membakukan standar dalam resolusi yang lebih memperhitungkan nilai dan kepentingan kelapa sawit untuk negara produsen.

(Baca juga:  Jokowi Perintahkan Peremajaan 75% Perkebunan Sawit Rakyat)

Menurutnya, penyetaraan standar tidak hanya dilakukan Uni-Eropa untuk kelapa sawit. Ia mencontohkan, standardisasi legal dan asal-usul kayu diatur dalam sertifikat Forest Law Enforcement, Governance and Trade (FLEGT).

Vincent juga menyebut, selain minyak sawit, minyak sayur secara keseluruhan juga dipertimbangkan untuk masuk ke salah satu resolusi. “Kami ingin suplai yang kami dapatkan sesuai dengan standar konsumsi kami,” tuturnya.

Ia menekankan, Uni-Eropa merupakan pasar yang terbuka, termasuk untuk kelapa sawit Indonesia. Pasalnya, sejak resolusi sawit dikeluarkan April lalu, menurut data Uni-Eropa, nilai impor kelapa sawit dari Indonesia nilainya masih meningkat 36% dan volumenya bertambah 19%.

“Kita bisa lihat itu peningkatan yang sangat besar,” ujar Vincent. Indonesia pun menjadi pengekspor kelapa sawit terbesar ke Eropa dengan pangsa pasar sebesar 52%.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement