Erupsi Gunung Agung Tutup Bandara Bali, Ratusan Penerbangan Batal

Ameidyo Daud Nasution
27 November 2017, 15:17
Bali
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
\Wisatawan berfoto di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali, yang berjarak enam kilometer dari kawah gunung Agung atau kawasan rawan bencana, Jumat (20/10).

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hari ini ditutup akibat erupsi Gunung Agung di Bali. Akibatnya, Garuda Indonesia membatalkan seluruh penerbangan dari dan ke Bali. Begitu pun maskapai lain dari dalam dan luar negeri melakukan langkah yang sama.

Tercatat 88 pemerbangan yang dibatalkan terdiri dari 42 penerbangan menuju Bali dan 46 penerbangan yang akan lepas landas dari Bali selama bandara ditutup. Penerbangan itu terdiri dari domestik dan internasional.

"Ini terkait Notification to Airman/Notam (Informasi Operasional Penerbangan) Nomor A4242/17 yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia terkait sebaran abu vulkanik maka bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup sampai besok 07.15 pagi," kata Pelaksana Harian VP Corporate Secretary Garuda Hengki Heriandono melalui keterangan resmi Garuda, Senin (27/11).

Hengki menjelaskan para penumpang yang telah memiliki tiket akan diberikan beberapa pilihan. Dia menjelaskan para penumpang dapat mengubah jadwal penerbangan, memperpanjang masa berlaku tiket hingga 6 bulan, mengubah rute perjalanan, mengganti nama untuk satu kali penggantian, atau full refund dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan situasi force majeure ini seluruh penumpang Garuda Indonesia diberikan pilihan," ujarnya.

Dia juga menambahkan hingga saat ini penerbangan Garuda Indonesia untuk tujuan dari dan ke Lombok juga dibatalkan lantaran abu vulkanik mengganggu lintasan penerbangan tujuan penerbangan ke pulau di Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

(Baca juga: Menhub Siapkan Beberapa Bandara Antisipasi Erupsi Gunung Agung)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...