Menperin Dukung Pembangunan Perumahan di KEK Bekasi

Miftah Ardhian
6 November 2017, 15:33
Airlangga Hartarto
Arief Kamaludin|KATADATA
Menperin, Airlangga Hartarto di Tangerang, Banten, Kamis, (10/08)

Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Dengan banyaknya industri yang telah tumbuh di wilayah itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai perlunya dibangun perumahan yang memadai.

Airlangga menjelaskan, kontribusi industri terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Jawa Barat mencapai 42%. Hal ini menyebabkan Jawa Barat disebut sebagai provinsi industri.

"Jadi kawasan itu masyarakatnya sudah 11 juta (jiwa). Membutuhkan tata ruang dan harus didukung perumahan yang memadai," ujar Airlangga saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (6/11).

Dengan pertumbuhan industri yang mencapai 5,51%, lalu lintas pun semakin padat. Airlangga mencontohkan, lalu lintas dari Cikarang ke Pelabuhan hanya bisa dilakukan dalam satu rit, tidak bisa dua kali.

(Baca juga:  Bos Lippo Ikut Rapat di Kantor Luhut Bahas KEK Bekasi-Purwakarta)

Hal inilah yang menurut Airlangga mendasari wacana pembangunan KEK. Sebab, dengan begitu pembangunan infrastruktur seperti Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati pun akan lebih mudah.

Selain itu, dengan pembangunan KEK di wilayah Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta ini, dapat semakin mempermudah pengembangan industri yang ada. "Jadi industrinya itu ada otomotif, elektronik, tekstil, dan industri makanan dan minuman yang menonjol," ujar Airlangga.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...