Skytrain Bandara Soekarno Hatta Resmi Beroperasi

Pingit Aria
17 September 2017, 11:42
Skytrain bandara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sebuah skytrain yang mengangkut penumpang saat uji coba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/9). Kereta layang tanpa awak ini resmi beroperasi pada Minggu (17/9).

Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada hari ini, Minggu, 17 September 2017. Pada tahap awal, skytrain akan melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara antara Terminal 3 dan Terminal 2.

“Pada Hari Perhubungan Nasional ini kita melihat skytrain sebagai moda transportasi publik modern yang belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin melalui siaran persnya, Ahad (17/9).

Pada tahap awal, skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada pukul 07.00 – 09.00, lalu 12.00 – 14.00, serta 17.00 – 19.00. Nantinya, skytrain akan beroperasi 24 jam dalam sehari. Penumpang pesawat juga dapat mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan skytrain melalui aplikasi Indonesia Airport di smartphone iOS dan android.

Adapun lintasan yang dilalui pada tahap awal ini adalah sepanjang 1.700 meter dan kapasitas satu set skytrain yang terdiri dari dua kereta ini adalah sebanyak 176 orang.

Skytrain merupakan moda transportasi kereta tanpa awak pertama di Indonesia yang menggunakan sistem automated guideway transit yang diharapkan dapat menjadi inisiator perkembangan moda transpotasi di Indonesia. "Pengoperasian skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018," kata Awaluddin.

Pada tahap awal ini operasional skytrain masih akan melibatkan pengemudi hingga sekitar 6 bulan ke depan sebagai bagian dari sosialisasi kepada publik. Namun, setelah itu skytrain akan beroperasi tanpa awak.

Halaman:
Reporter: Maria Yuniar Ardhiati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...