Tak Diminati Penumpang, Transportasi Laut Difokuskan Untuk Barang

Michael Reily
6 Juli 2017, 08:57
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pemudik dengan mobil pribadi antre menuju kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6).

Pemerintah akan memfokuskan transportasi laut untuk kelancaran distribusi barang. Setelah mengevaluasi kegiatan mudik Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan menilai moda transportasi laut kurang diminati penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengoptimalkan pendistribusian logistik karena tidak berkembangnya moda transportasi laut untuk mengangkut penumpang. Ia menyatakan, masyarakat cenderung memilih moda angkutan udara ketimbang laut karena gengsi.

Advertisement

"Di laut terjadi stagnansi," kata Budi saat rapat dengan Komisi V di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu, (5/7). (Baca juga:  Sepertiga Anggaran Kemenhub Untuk Danai Proyek Kereta Api)

Untuk meningkatkan pelayanan distribusi logistik, pemerintah akan membangun pelabuhan kapal laut di 15 lokasi dan pembuatan kapal perintis sebanyak 65 unit. Selain itu, untuk mendorong penggunaan kapal Roro (roll-on roll-off), pemerintah akan menyewakannya.

"Sudah saya sampaikan kepada BUMN atau swasta, enggak usah beli, tapi sewa aja,” ujarnya.

Grafik: Jumlah Penumpang Angkutan Umum Mudik Lebaran
Jumlah Penumpang Angkutan Umum Mudik Lebaran

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement