Lebih dari 1.300 Bencana Terjadi Sepanjang 2020, Apa Saja?

Pingit Aria
1 Juni 2020, 07:22
Warga berjalan di depan rumahnya yang terendam banjir rob di Tiram Ulakan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin (25/5/2020). Banjir rob akibat pasang air laut itu menggenangi kawasan tersebut sejak dua hari terakhir, mengakibatkan sejumlah ruma
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.
Warga berjalan di depan rumahnya yang terendam banjir rob di Tiram Ulakan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin (25/5/2020). Banjir rob akibat pasang air laut itu menggenangi kawasan tersebut sejak dua hari terakhir, mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam.

Berbagai bencana silih berganti terjadi di Tanah Air. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, lebih dari 1.300 bencana terjadi sepanjang Januari hingga Mei 2020 dengan korban meninggal dunia 188 jiwa.

Catatan BNPB, bencana banjir terjadi paling sering dibandingkan jenis bencana hari ini lainnya. Banjir biasanya dipicu oleh salah satunya intensitas hujan yang tinggi. Data BNPB, hingga 31 Mei 2020, bencana banjir terjadi sebanyak 532 kali.

Advertisement

“Banjir juga berdampak paling tinggi terhadap kerugian, baik korban jiwa dan kerusakan material,” kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui siaran pers, Minggu (31/).

Tercatat, total korban meninggal akibat banjir berjumlah 128 jiwa, luka-luka 119 dan hilang 7. Selain itu, lebih dari 2 juta warga mengungsi karena banjir.

(Baca: Sumatera Selatan hingga Sumba Terendam Banjir di Tengah Pandemi)

Total kerusakan rumah akibat banjir hingga akhir Mei ini mencapai ribuan. Kerusakan rumah dengan kategori rusak berat berjumlah 2.689 unit, rusak sedang 1.218 dan rusak ringan 4.094. Kerusakan pada sektor publik sebagai berikut, fasilitas pendidikan 295 unit, peribadatan 369, kesehatan 25 dan perkantoran 46, sedangkan kerusakan infrastruktur vital berupa jembatan sejumlah 163 unit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement