Perbandingan PDB Indonesia dan Negara Ekonomi Terbesar Dunia 2024

Pingit Aria
23 Juli 2020, 19:32
Para peserta AM IMF - World Bank 2018 mulai memadati setiap gedung penyelenggaraan yang ada di Nusa Dua, Bali (8/10). Indonesia menjadi tuan rumah IMF-World Bank 2018 setelah menyiapkan proposal pada 2014 lalu.
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Para peserta AM IMF - World Bank 2018 mulai memadati setiap gedung penyelenggaraan yang ada di Nusa Dua, Bali (8/10). Indonesia menjadi tuan rumah IMF-World Bank 2018 setelah menyiapkan proposal pada 2014 lalu.

Kabar baik datang di tengah ancaman pertumbuhan ekonomi dunia yang negatif akibat pandemi corona. Menurut data Produk Domestik Bruto-Paritas Daya Beli Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF), Indonesia diprediksi menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-5 di dunia pada 2024.

Data keduanya menyebutkan, akan terjadi pergeseran susunan perekonomian terbesar di dunia pada 2024. Pertumbuhan negara Asia akan semakin mendominasi posisi lima teratas, menggeser posisi beberapa negara Eropa.

Advertisement

Setelah Tiongkok dan Jepang berada di posisi 5 besar, Indonesia dan India diprediksi akan menggantikan posisi Inggris dan Jerman. "Kerja keras penanganan Covid-19 di tahun ini akan sangat menentukan pemulihan di tahun-tahun berikutnya," tulis Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (22/7).

Berdasarkan proyeksi Bank Dunia dan IMF, beberapa negara dengan PDB terbesar tahun ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif, seperti AS -6,1%, Jepang -6,1%, Jerman -7,8%, dan Brazil -8%.

Sedangkan prediksi pertumbuhan ekonomi tahun 2020 negara-negara Asia juga sangat rendah, bahkan tiga negara diperkirakan tumbuh negatif yaitu Malaysia -3,1%, Thailand -5,0%, dan Filipina -1,9%.  Meskipun lebih baik dari negara Asia lainnya, Indonesia dan Tiongkok juga tertekan dengan pertumbuhan ekonomi 0% dan 1%.

Febrio menuturkan bahwa prediksi ini perlu disyukuri dan diperlakukan sebagai motivasi bagi Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah harus terus melakukan kebijakan yang tepat dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan demikian diharapkan dampak krisis dapat diminimalisir, perekonomian segera bangkit, dan Indonesia dapat terus merealisasikan aspirasinya menjadi perekonomian besar dan maju di dunia," katanya.

Berikut daftar perkembangan ekonomi negara-negara yang diprediksi menghasilkan pendapatan tertinggi pada 2024:

1. Tiongkok

Mengacu pada data World Economic Forum (WEF), perekonomian Tiongkok telah berlari sejak dua dekade silam. Pada 1992, ekonomi Tiongkok hanya menempati posisi 10 negara dengan PDB terbesar di dunia.

Kinerja ekonomi Negeri Tirai Bambu tersebut melonjak ke peringkat tiga pada 2008, di bawah Amerika Serikat dan Jepang. Bank Dunia dan IMF lantas memprediksi Tiongkok bakal menduduki peringkat pertama empat tahun mendatang serta menggeser posisi Amerika Serikat.

Saat ini produk domestik bruto atau PDB Tiongkok mencapai US$ 14.342,9 miliar dan pada 2024 diperkirakan akan tumbuh menjadi US$ 39.814,8 miliar.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat ada pada urutan teratas negara dengan PDB terbesar dunia sejak 1992.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement