Apple Tutup iTunes, Siapkan 3 Aplikasi Pengganti

Ketiga aplikasi pengganti iTunes adalah Music, TV, dan Podcast.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
4 Juni 2019, 11:06
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

Apple mengumumkan penutupan aplikasi layanan musik iTunes. Apple telah menyiapkan tiga aplikasi pengganti iTunes secara terpisah, yakni: Music, TV, dan Podcast.

"Masa depan iTunes itu bukan satu aplikasi, tapi tiga," kata Wakil Presiden Senior dari divisi pengembangan piranti lunak Apple, Craig Federighi dalam konferensi tahunan Apple Worldwide Developer Congress (WWDC), seperti dikutip dari AFP, Selasa (4/6).

Apple menutup iTunes untuk menyelaraskan layanan medianya pada sistem operasi (OS) antara MacOS (untuk PC/laptop) dan iOS (untuk mobile) yang selama ini berbeda. Dengan begitu, Federighi berharap, aplikasi pengganti iTunes dapat berjalan di setiap perangkat Apple.

(Baca: Korban Perang Dagang, Pegatron Siap Produksi Chip iPhone di Indonesia)

Dikenalkan sejak 2001, iTunes menawarkan solusi bagi industri musik yang menghadapi masalah pembajakan. Kemudian, aplikasi tersebut berkembang menjadi raksasa yang berperan sebagai menjadi toko digital yang menjual musik, film, dan serial TV bagi pengguna Apple.

Hanya, kini perkembangan iTunes telah tergeser dengan hadirnya layanan streaming berbasis langganan, termasuk Apple Music yang penggunanya lebih banyak. Menurut laporan akhir tahun The Recording Industry Association of America (RIAA) tahun 2018, layanan streaming telah memangsa 75% pendapatan pasar industri musik di Amerika Serikat.

(Baca: Fitch: Huawei Apes, Perang Dagang AS-Tiongkok Menguntungkan Samsung)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait