Setelah Menggandeng BNI, Alipay Dekati BCA dan BRI

Selain ALipay, Wechat juga tengah ambil ancang-ancang untuk memasuki pasar Indonesia.
Image title
Oleh Rizky Alika
21 Desember 2018, 07:00
BCA
Arief Kamaludin|KATADATA

Kabar kedatangan raksasa financial technology (fintech) pembayaran asal Tiongkok Alipay semakin santer terdengar. Setelah menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI), kini anak usaha Alibaba itu disebut tengah menjalin lobi dengan dua bank besar lainnya, yaitu Bank Central Asia (BCA) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng menyatakan, BCA tengah memasuki penjajakan kerja sama dengan Alipay. Bahkan, BRI sudah lebih maju ketimbang BCA.

"Kemudian BRI (Bank Rakyat Indonesia) sudah MoU (Memorandum of Understanding) awal dengan Alipay," kata  Sugeng dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor bank Indonesia, Jakarta, Kamis (20/12).

Selain Alipay, Wechat Pay juga disebutnya telah menjalin kerja sama awal dengan Bank CIMB Niaga dan BNI. "Kalau sudah settle semua, kami harus lihat legal basis dan masalah teknisnya," ujar Sugeng.

Selain standardisasi dan pengawasan teknis, Bank Indonesia memang mewajibkan penyelenggara pembayaran digital internasional untuk bekerja sama dengan bank besar atau BUKU IV nasional untuk beroperasi di Indonesia. Kerja sama dengan bank besar ddiperlukan agar kegiatan transaksi dapat terdata.

(Baca juga: BNI Proses Izin Kerja Sama dengan Alipay, WeChat dan Liquid Pay)

Reporter: Rizky Alika

Video Pilihan

Artikel Terkait