Petuah Kepala BKPM hingga Investor untuk Memulai Bisnis Digital

Desy Setyowati
9 Mei 2018, 09:49
Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong
Katadata/Dewi Ulfasari
Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong saat berpidato dalam Katadata Forum di Djakarta Theater, Selasa (9/5).

Keberhasilan Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka menjadi unicorn telah memancing hasrat banyak orang untuk membangun bisnis, khususnya di bidang digital. Tapi, apa yang diperlukan untuk membangun startup yang sukses?

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong hingga CEO Triputra Group Arif P Rachmat memberikan petuah agar perusahaan rintisan (startup) bisa tumbuh dan bertahan.

Lembong menyebutkan tiga hal. Yang pertama perencanaan yang matang. Para pendiri startup harus punya gambaran manfaat atas produk dan seberapa cepat diadopsi masyarakat. Perlu juga dibuat proyeksi keuangan hingga 10 tahun ke depan. "Pengalaman saya, kita akan selalu menekankan likuiditas," kata Lembong dalam Katadata Forum di Djakarta Theater, Selasa (8/5).

(Baca juga: Targetkan Tambahan Unicorn, Kominfo Gelar NextICorn di Bali)

Kedua, memilih Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat. Seringkali, pebisnis menghadapi situasi sulit karena harus mengganti tenaga yang sudah tidak lagi relevan dengan tujuan bisnis dan perkembangan teknologi.

Ketiga, pendiri startup harus fleksibel. Menurut dia, produk yang selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat akan berujung pada solusi, sehingga selalu dibutuhkan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...