Konsumen Indonesia Paling Gemar Belanja Bulanan di Toko Online

Image title
5 April 2017, 18:49
eCommerce
Donang Wahyu|KATADATA
Seorang pria berbelanja barang elektronik di salah satu situs on line, Kamis (17/12).

Konsultan bisnis global Price Waterhouse Coopers (PwC) baru saja merilis laporan “Total Retail 2017”. Hasilnya, dari 500 konsumen online di Indonesia, 36 persen di antaranya telah berbelanja bulanan melalui internet.

Jumlah tersebut lebih tinggi ketimbang rata-rata global sebesar 34 persen. Soal kegemaran belanja bulanan secara online, peringkat Indonesia juga tertinggi di kawasan Asia Tenggara, mengalahkan Singapura dan Vietnam dengan 34 persen dan Thailand 33 persen.

Advertisement

“Kepercayaan diri konsumen online ini disebabkan populasi anak muda yang besar dan penetrasi internet yang tinggi disebabkan oleh penjualan smartphone,” kata Retail & Consumer Leader PwC Indonesia Ade Elimin saat mempresentasikan Total Retail Survey 2017 di Hotel Fermont, Rabu (5/4).

(Baca juga: Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Merambah Dunia Maya pada 2020)

Pergeseran perilaku konsumen ini membuat pengusaha harus menyesuaikan diri. Sebab, konsumen tak lagi sekedar membeli gawai atau pakaian melainkan aneka produk kebutuhan sehari-hari di toko online. “Maka masuk akal jika pemilik jaringan swalayan seperti Matahari atau Alfamart turut dalam gelombang e-commerce,”  kata Ade.

Ade mengatakan penetrasi internet di Asia Tenggara, terutama Indonesia terbilang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Di Asia Tenggara saat ini terdapat 250 juta pengguna aktif internet, hampir sepertiganya adalah penduduk Indonesia.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement