Image title
Oleh Ratri Kartika W.
6 Februari 2020, 18:00

Video IDE Katadata 2020: Memacu Investasi di Indonesia

Pemerintah membidik potensi investasi asing yang masuk ke Indonesia hingga 2023 mencapai Rp 2.282 triliun. Sekitar separuh potensi investasi tersebut membidik sektor energi. Megainvestasi itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian dan menekan defisit transaksi berjalan. Tapi, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk menarik investasi asing tersebut.

Memacu investasi untuk mendorong perekonomian, menjadi salah satu dari lima visi Presiden Jokowi pada periode kedua pemerintahannya. BKPM menargetkan investasi asing langsung ke Indonesia pada 2020 mencapai Rp 805 triliun. Fokus investasi diarahkan pada beberapa sektor industri yaitu, yang memberi nilai tambah untuk ekspor, seperti hilirisasi SDA, industri petrokimia, serta industri untuk substitusi barang-barang impor.

Namun, iklim investasi yang kalah menarik menyebabkan puluhan perusahaan Tiongkok ogah masuk ke Indonesia. BKPM juga mencatat rencana investasi asing senilai Rp 700 triliun gagal direalisasikan. Persoalan yang dihadapi mulai dari regulasi yang berbelit, banyaknya izin, hingga lahan. Simak diskusi potensi investasi di Indonesia bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis KSP Denni Puspa Purbasari, yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Katadata, Yura Syahrul di #IDEKatadata2020.