Image title
6 Februari 2020, 14:09

Video IDE Katadata 2020: Perspektif Ekonomi RI oleh Suahasil Nazara

Ekonomi global menghadapi tantangan besar tahun 2020. Beberapa negara mengalami resesi, ekonomi dunia diprediksi tumbuh lebih rendah, dan perang dagang diperkirakan terus berlanjut, bahkan makin besar.

Kondisi ini akan turut berdampak ke ekonomi Indonesia. Tantangan yang dihadapi di dalam negeri yaitu defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan (CAD), serta tertahannya pertumbuhan ekonomi di level 5%.

Di sisi lain, perekonomian menghadapi dinamika baru, yaitu perkembangan teknologi digital, pemanfaatan big data, revolusi industri 4.0 hingga tren kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memaparkan strategi bagaimana pemerintah menyikapi berbagai tantangan sekaligus peluang tersebut?

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.