Image title
2 Oktober 2020, 19:01

Webinar: "Tetap Pakai Masker di Pasar Tradisional"

Berdasarkan survei BPS, pasar tradisional ternyata masih ada yang tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker ataupun mencuci tangan.

Sebanyak 17,32% responden mengaku bahwa pasar tradisional/pedagang kaki lima yang dikunjunginya tidak menerapkan protokol kesehatan sama sekali.
Padahal, ada 13 ribu lebih pasar tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia dan menampung lebih dari 12 juta pedagang. Itu sebabnya pasar tradisional menjadi salah satu klaster covid-19.

Ikatan Perdagangan Pasar tradisional Indonesia mencatat terdapat sebanyak 573 pedagang terinfeksi Covid19. Beberapa pasar yang menjadi klaster penyebaran Covid-19 tertinggi adalah pasar Raya Padang di Sumatera Barat, Jakarta dan Palangkaraya.

Karena itu, pemerintah daerah diminta untuk rutin melakukan pemeriksaan di pasar-pasar tradisional dan memantau kepatuhan protokol kesehatan kepada pedagang maupun pembeli di pasar tradisional. Kampanye 3 M harus terus digiatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar tradional.

Simak kolaborasi Katadata dan Satgas Covid-19 di webinar Katadata Forum Virtual Series bertajuk "Tetap Pakai Masker di Pasar Tradisional", pada
Jumat, 2 Oktober 2020 | 10:00 - 11:30 WIB

Bersama:
1. Dicky Pelupessy, PhD - Peneliti Psikologi Sosial Fak. Psi UI
2. Y. Joko Setiyanto - Ketua Umum Asparindo/Campaign Director GPM
3. Kusumo Aji - Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga

Moderator:
Bunga Harum Dani

#IngatPesanIbu
#LindungiKamudanAku
#KatadataLawanCovid19
#MediaLawanCovid19

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan