Image title
2 Februari 2021, 20:58

Video: Berebut Kuasa Aung San Suu Kyi Vs Militer Myanmar

Nama Aung San Suu Kyi kembali membuat geger dunia karena penahanannya bersama sekutunya, Presiden Win Myint dan tokoh senior partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD). Penahanan ini dilakukan oleh militer Myanmar pada Senin pagi, 1 Februari 2021, karena yang tidak puas dengan hasil pemilu Myanmar pada November 2020.

NLD yang dipimpin oleh Suu Kyi dianggap melakukan kecurangan secara masif dari kemenangan 83% kursi parlemen. Walau begitu Suu Kyi, memang tidak bisa secara langsung berkuasa atas Myanmar karena undang-undang konstitusional yang melarangnya menjadi presiden karena telah menikahi warga negara asing.

Suu Kyi yang mempunyai posisi sebagai de facto Myanmar, kerap dipandang warga sipil sebagai simbol demokrasi. Sosok Suu Kyi pun sejak lama menjadi ancaman bagi militer yang pernah menguasai Myanmar selama hampir 6 dekade.

Penulis: Firyal Nada

Penyunting Visual: Yuda Pradana

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.