Ratri Kartika W.
2 Juli 2022, 14:00

Video: Tidak Hanya Sri Lanka, Ini Negara yang Pernah Bangkrut

Pemerintahan Sri Lanka sudah menyatakan bahwa negaranya mengalami keruntuhan ekonomi, usai gagal bayar utang luar negeri sebesar US$51 miliar. Utang tersebut harus dibayarkan sebesar $4 miliar yang jatuh tempo pada tahun ini. Padahal, devisa yang dimiliki Sri Lanka saat ini hanya sebesar US$1,9 miliar.

Kebangkrutan suatu negara seperti yang dialami negara Asia Selatan ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Tercatat, sejumlah negara pernah mengalami hal yang sama, mulai inflasi gila-gilaan dan gagal bayar utang luar negerinya terhadap sejumlah negara dan otoritas dunia.

Alasan kebangkrutan yang menimpa mereka bahkan jauh sebelum terjadi berbagai krisis dunia saat ini yang dikarenakan pandemi dan perang. Mana sajakah negara-negara ini?

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.