Ratri Kartika W.
7 Juli 2022, 09:00

Video: Pria Lebih Doyan Belanja di E-commerce Daripada Perempuan

Hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) pada Juni 2022 terhadap "Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia" menunjukkan pria terlihat lebih sering berbelanja di e-commerce dibandingkan perempuan selama periode 2020-2021.

Pola perilaku belanja di e-commerce ini diukur berdasarkan transaksi konsumen pengguna Kredivo dan survei online. Perilaku konsumen diulas dari profil demografi, jenis produk yang dibeli hingga waktu transaksi. Demikian pula tren penggunaan PayLater di Indonesia sebagai salah satu alternatif pembayaran digital.

Dalam riset ini menujukkan proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh pria mendominasi sebesar 65%, sementara perempuan mencatatkan proposi 38%. Di sisi nilai transaksi, konsumen pria juga mencatatkan nilai transaksi terbanyak yakni 64% dibandingkan perempuan 36%.

Rata-rata jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen pria Rp 320.982. Sedangkan perempuan Rp 289.163. 

Hasil riset menunjukkan pandemi membuat e-commerce menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat dengan berbagai opsi pembayaran yang beragam. Pengguna pria terlihat menggunakan uangnya untuk membeli barang katerogi olahraga, mainan, hobi dan peralatan kantor.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.