Ratri Kartika W.
7 Juli 2022, 12:00

Video: Mahasiswa ITS Juara Umum Kompetisi Robot Kapal Internasional


Para mahasiswa yang tergabung dalam Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menorehkan juara umum dalam kompetisi robot kapal prototipe, International Robobat Competition (IRC) 2022 yang digelar di Florida, Amerika Serikat pada Minggu, 26 Juni 2022 lalu.

Kompetisi ini diadakan oleh Association for Unmanned Vehicle System International (AUVSI) yang diikuti oleh berbagai universitas kelas dunia lainnya, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), Institute Tecnologico y de Extudios Superiores de Monterrey, Robotics Association of Embry-Riddle, AGH University of Science and Technology, Tel Aviv University, dan masih banyak lagi.

Barunastra ITS memenangkan kompetisi ini dengan menggunakan kapal pengembangan mereka, Nala Theseus yang menggunakan sistem holonomic movement yakni kemampuan kapal untuk bergerak tanpa mengubah arah hadap kapal. Selain itu Nala Theseus juga mengusung konsep modularity yang membuat kapal bisa menampung banyak muatan kapal, serta sistem watertight hull sehingga bagian hull kapal kedap air untuk kemanan komponen elektrikal.

Barunastra ITS bukanlah pemain baru dalam kompetisi protipe robot internasional ini. Mereka sudah pernah mencatatkan prestasi yang sama dengan gelar juara umum pada tahun 2018. dan 2019. Barunastra ITS adalah tim robotik yang mengembangkan kapal robot tanpa awak atau Autonomous Surface Vehicle (ASV).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.