Ratri Kartika W.
15 Agustus 2022, 15:00

Video: Forbes Rangkum Daftar Atlet Berpenghasilan Tinggi Di Dunia

Baru-baru ini Forbes mengeluarkan daftar 50 atlet berpenghasilan tertinggi di dunia. Jika penghasilan mereka dikombinasikan bisa mencapai angka fantastis US$ 8 miliar per tahunnya. Forbes mengumpulkan data penghasilan para atlet sepanjang Mei 2021 hingga Mei 2022, berdasarkan wawancara dengan lusinan agen olahraga dan perwakilan dari para atlet. 

Penghasilan ini masing-masing di dapatkan dari profesi mereka di dalam lapangan (on-field) termasuk di antaranya kontrak, gaji, hadiah uang, dan bonus. Juga penghasilan lainnya yang didapatkan dari luar lapangan seperti perjanjian sponsorship, pendapatan lisensi, penampilan di dalam acara-acara, endorsement, juga nilai bisnis yang dimiliki mereka.

Forbes tidak menjadikan potongan pajak atau biaya agen dalam penghasilan ini. Daftar tersebut mencakup atlet yang aktif pada titik mana pun selama periode waktu 12 bulan.

Dari jumlah penghasilan itu, sebagai bintang olahraga mereka justru lebih dari sekadar atlet. Mereka menjadi media pemasaran untuk merek-merek dunia, namun di sisi lain para atlet ini juga merupakan pengusaha global. Bahkan, beberapa dari mereka justru menghasilkan jauh lebih banyak uang di luar lapangan dari pada dari profesi atlet mereka.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.