Ratri Kartika W.
28 September 2022, 12:36

Video: Anindya Bakrie dan Erick Thohir Resmi Miliki Klub Oxford United

Anindya Bakrie dan Erick Thohir resmi memiliki mayoritas saham klub sepakbola asal Inggris, Oxford United sebesar 51%. Kepastian tersebut diumumkan dalam RUPS Oxford United, di Inggris pada 27 September 2022.

Untuk diketahui, Oxford United saat ini bermain di divisi satu (League One) di Liga Inggris. 

Jumlah kepemilikan mayoritas tersebut otomatis membuat dua pengusaha Indonesia memiliki dan memimpin klub berjuluk The U's itu dan mengakhiri era Sumrith Thanakarnjanasuth, pengusaha asal Thailand, yang menduduki jabatan presiden klub selama 4 tahun terakhir. Selain Anindya, Erick dan Sumrith, komposisi pemegang saham terbesar Oxford United ini juga dipegang oleh pengusaha asal Vietnam, Horst Geicke.  

"Kami dari pihak Indonesia, saya dan pak Erick menjadi pemegang saham pengendali, tujuannya sama bagaimana membuat Oxford United bisa maju, komunitasnya, fansnya, dan syukur-syukur, tidak lama menjadi The Champions league," ujar Anindya Bakrie di sela-sela konferensi pers di kandang Oxford United, Oxford City, Inggris pada 27 September.

Anindya dan Erick sendiri sudah lama berkolaborasi di bidang olahragra. Sebelumnya lewat manajemen olahraga Cronus, mereka sempat membeli saham  Leicester City (Inggris), DC United (Amerika Serikat), dan CS Vise (Belgia). Di dalam negeri Menteri BUMN juga memiliki klub basket Satria Muda, sementara Grup Bakrie juga menaungi klub Pelita Jaya (Basket) dan Arema Malang (sepak bola).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.