Ratri Kartika W.
13 Desember 2022, 10:00

Video: Jepang Luncurkan Pesawat Hakuto-R ke Bulan

Perusahaan swasta rintisan Jepang, Ispace akhirnya meluncurkan pesawat ke Bulan pada 11 Desember 2022, setelah beberapa kali mengalami penundaan. Pesawat yang diberi nama Hakuto-R ini diluncurkan melalui bantuan roket milik SpaceX Falcon 9 di Florida, Amerika Serikat.

Hakuto-R berukuran 2 x 2,5 meter membawa robot penjelajah milik Jepang dan Uni Emirat Arab (UEA). Kesuksesan misi Ispace Coorporation menjadi Jepang sejajar dengan AS, Rusia, dan Cina yang lebih dulu melakukan eksplorasi ke Bulan dan luar angkasa. Misi ini juga membawa tonggak sejarah kerjasama luar antariksa Jepang dan Amerika Serikat di tengah persaingan dengan Cina.

Ispace mempunyai visi untuk mendirikan koloni di Bulan dengan staf permanen pada 2040. Mereka bekerja sama dengan NASA untuk mengirim muatan-muatan ke Bulan mulai 2025.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.