Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Siti Nur Aeni
15 Juni 2021, 08:45
Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/nz
Ilustrasi hand sanitizer buatan sendiri

Saat pandemi Covid-19 masuk Indonesia pada Maret 2020, publik gempar dan membuat tatanan hidup masyarakat berubah. Namun salah satu dampak positif yang dirasakan semenjak ada pandemi yakni kesadaran masyarakat akan gaya hidup bersih semakin meningkat, di antaranya kebiasaan rutin mencuci tangan atau membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Pengertian Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi salah satu produk yang sempat langka pada awal kemunculan Covid-19 di Indonesia. Kelangkaan produk ini sempat membuat harganya naik berkali-kali lipat. Semua orang terkena panic buying sehingga memburu semua produk kesehatan.

Hand santizer merupakan sebuah cairan antiseptik yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 %. Sementara itu menurut jurnal Kesehatan Masyarakat yang ditulis oleh Fajar Ardi Desiyanto dan Sitti Nur Djannah, hand sanitizer memiliki kandungan antisptip yang dapat digunakan untuk membunuh kuman di tangan. Bahan yang terdapat di dalamnya yaitu alkhol dan triklosan.

Produk hand sanitizer yang kini banyak beredar di pasaran, setidaknya ada dua jenis, yaitu:

1. Hand sanitizer spray atau liquid

Jenis yang pertama adalah spray atau liquid. Seperti namanya, sudah pasti hand sanitizer ini memiliki bentuk cair. Jenis ini diketahui mampu membersihkan kuman lebih cepat dibandingkan dengan jenis gel.

Disinfektan dalam bentuk cair diketahui mampu bekerja dalam waktu kurang dari 15 detik. Keunggulan lainnya dari jenis hand sanitizer ini adalah mudah kering ketika disemprotkan ke tangan atau permukaan benda lainnya.

2. Hand sanitizer gel

Jenis kedua yang banyak beredar di pasaran yaitu hand sanitizer dalam bentuk gel. Jika hand sanitizer dalam bentuk cair lebih mudah kering, hand sanitizer bentuk gel lebih lama keringnya, namun sangat baik untuk menjaga kebersihkan tangan. Hal tersebut disebebakn oleh kemampuannya yang menyerap lama, membuat tangan lebih lama terlindungi.

Di pasaran, jumlah pengguna hand sanitizer baik yang spray maupun gel sama-sama tinggi. Sejak awal produk hand sanitizer memang dirasa lebih praktis terlebih untuk mereka yang mobilitasnya tinggi.

Hal ini di terlihat dengan larisnya produk hand sanitizer, sebut saja di e-commerce Tokopeda yang berhasil menjual hand sanitizer sebanyak 72 ribu buah hanya dalam waktu 42 menit saja.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirangkum dalam Databoks menyebutkan bahwa hand sanitizer merupakan produk yang paling banyak digunakan selama pandemi yakni sekitar 50,2 %.

Halaman:
Editor: Redaksi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...