Rest Area Jalan Tol Cikopo - Palimanan Hadir dengan Berbagai Tipe

Siti Nur Aeni
18 Juni 2021, 08:00
Rest Area Jalan Tol Cikopo - Palimanan Hadir dengan Berbagai Tipe
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Salah satu fasilitas di Rest Area 102 A Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021).

Jalan tol menjadi kebutuhan utama saat ini. Lalu lalang kendaraan yang tinggi memerlukan fasilitas jalan raya yang baik. Jumlah jalan tol yang ada di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bahkan menargetkan pembangunan jalan tol mencapai 4.817 kilo meter yang diprediksi rampung pada 2024 . Pembangunana ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1978.

Adanya jalan tol ini diharapkan menjadi akses masyarakat antar-kota atau bahkan antar-pulau bisa lebih mudah. Distribusi keperluan sehari-hari juga diharapkan lebih mudah, sehingga pemerataan kualitas hidup masyarakat segera terwujud.

Salah satu jalan tol yang sudah aktif yaitu Jalan Tol Cikopo – Palimanan atau Cipali. Jalan tol ini membentang sepanjang 116 kilo meter atau setara dengan 72 mil yang dibangun sejak 28 November 2011 dan selesai pada 12 Juni 2015. Tol Cipali menghubungkan beberapa daerah di wilayah Jawa Barat seperti Cikopo, Purwakarta, Palimanan, dan Cirebon.

Tol Cikopo ini disebut-sebut sebagai jalan tol terpanjang ke tiga setelah tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan tol Bakauheni – Terbanggi. Karena rutenya yang panjang, maka tol Cipali ini dilengkapi dengan fasilitas yang membuat nyaman pengendara yang melaluinya. Salah satu dari fasilitas tersebut adalah rest area jalan tol Cikopo – Palimanan.

Daftar Rest Area Jalan Tol Cikopo – Palimanan

Rest area adalah tempat singgah sementara untuk beristirahat sejenak saat tengah dalam perjalanan. Rest area ini biasanya mudah ditemukan di jalan tol. Jalan Tol Cikopo – Palimanan juga menyediakan beberapa rest area yang bisa Anda singgahi saat melaluinya.

Rest area di tol Cikopo – Palimanan ini terkenal sebagai rest area dengan fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengguna jalan tol ini merasa nyaman. Fasilitas umum yang ada seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Kehadiran rest area ini sangat penting karena menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Kecelakaan dapat terjadi salah satunya karena faktor pengendara yang mengalami kelelahan. Oleh sebab itu kehadiran rest area sangat dibutuhkan terutama di jalan tanpa hambatan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...