Rest Area Jalan Tol Cikopo - Palimanan Hadir dengan Berbagai Tipe

Tol Cipali dilengkapi dengan fasilitas yang membuat nyaman pengendara yang melaluinya. Salah satu fasilitas tersebut yakni rest area Jalan Tol Cikopo – Palimanan.
Image title
18 Juni 2021, 08:00
Rest Area Jalan Tol Cikopo - Palimanan Hadir dengan Berbagai Tipe
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Salah satu fasilitas di Rest Area 102 A Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021).

Jalan tol menjadi kebutuhan utama saat ini. Lalu lalang kendaraan yang tinggi memerlukan fasilitas jalan raya yang baik. Jumlah jalan tol yang ada di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bahkan menargetkan pembangunan jalan tol mencapai 4.817 kilo meter yang diprediksi rampung pada 2024 . Pembangunana ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1978.

Adanya jalan tol ini diharapkan menjadi akses masyarakat antar-kota atau bahkan antar-pulau bisa lebih mudah. Distribusi keperluan sehari-hari juga diharapkan lebih mudah, sehingga pemerataan kualitas hidup masyarakat segera terwujud.

Salah satu jalan tol yang sudah aktif yaitu Jalan Tol Cikopo – Palimanan atau Cipali. Jalan tol ini membentang sepanjang 116 kilo meter atau setara dengan 72 mil yang dibangun sejak 28 November 2011 dan selesai pada 12 Juni 2015. Tol Cipali menghubungkan beberapa daerah di wilayah Jawa Barat seperti Cikopo, Purwakarta, Palimanan, dan Cirebon.

Advertisement

Tol Cikopo ini disebut-sebut sebagai jalan tol terpanjang ke tiga setelah tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan tol Bakauheni – Terbanggi. Karena rutenya yang panjang, maka tol Cipali ini dilengkapi dengan fasilitas yang membuat nyaman pengendara yang melaluinya. Salah satu dari fasilitas tersebut adalah rest area jalan tol Cikopo – Palimanan.

Daftar Rest Area Jalan Tol Cikopo – Palimanan

Rest area adalah tempat singgah sementara untuk beristirahat sejenak saat tengah dalam perjalanan. Rest area ini biasanya mudah ditemukan di jalan tol. Jalan Tol Cikopo – Palimanan juga menyediakan beberapa rest area yang bisa Anda singgahi saat melaluinya.

Rest area di tol Cikopo – Palimanan ini terkenal sebagai rest area dengan fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengguna jalan tol ini merasa nyaman. Fasilitas umum yang ada seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Kehadiran rest area ini sangat penting karena menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Kecelakaan dapat terjadi salah satunya karena faktor pengendara yang mengalami kelelahan. Oleh sebab itu kehadiran rest area sangat dibutuhkan terutama di jalan tanpa hambatan.

1. Rest Area Tipe A

Rest area tipe A merupakan rest area yang memiliki luas area lebih besar dibandingkan dengan rest area tipe lainnya. Fasilitas yang terdapat di dalamnya juga lebih lengkap dibandingkan dengan rest area yang lain. Di Jalan Tol Cipali ini setidaknya ada empat rest area yang masuk ke dalam tipe ini. Penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Rest Area KM 102 arah Cirebon
  2. Rest Area KM 101 arah Jakarta
  3. Rest area KM 166 arah Cirebon
  4. Rest area KM 164 arah Jakarta

Fasilitas rest area untuk tipe A ini di antaranya tersedia tempat parkir yang luas, rumah makan, mesin ATM, toilet, mushala, SPBU, bengkel kendaraan, serta layanan kesehatan sementara yang bisa memberikan pertolongan pertama.

2. Rest Area Tipe B

Sementara untuk rest area lainnya di Tol Cipali yang masuk dalam kategori tipe B di antaranya:

  1. Rest area KM 86 arah Cirebon
  2. Rest area KM 130 arah Cirebon
  3. Rest area KM 86 arah Jakarta
  4. Rest area KM 130 arah Jakarta

Meskipun fasilitasnya tak selengkap rest area tipe A, namun pada rest area ini juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir, rumah makan, mesin ATM, kamar mandi atau toilet, dan mushala. Fasilitas tersebut merupakan fasilitas yang paling sering dibutuhkan saat melakukan perjalanan jauh.

Parking Bay Tol Cipali

Bukan hanya rest area, Tol Cipali juga dilengkapi dengan parking bay atau area parkir yang bisa digunakan untuk beristirahat. Setidaknya diketahui terdapat dua titik parking bay  di Tol Cikopo – Palimanan ini, yaitu parking bay yang ada di kilometer 153 apabila Anda menuju arah Cirebon, dan parking bay di kilometer 155 menuju arah Jakarta. Parking bay tidak hanya untuk tempat parkir saja, di sana dilengkapi dengan toilet umum.  

Demikian beberapa fasilitas yang ada di Jalan Tol Cikopo – Palimanan yang dapat Anda gunakan sewaktu melewati jalanan tersebut. Beberapa rest area juga dilengkapi dengan aneka fasilitas penunjang yang akan membuat waktu istirahat lebih nyaman.

Anda bisa mampir ke rest area yang dibuka 24 jam untuk sejenak beristirahat saat merasa lelah atau saat ada kebutuhan mendesak lain seperti isi ulang bahan bakar atau hendak membeli makanan atau minuman untuk bekal di jalan.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait