Daftar Rest Area Jalan Tol Kanci - Pejagan dan Fasilitasnya

Siti Nur Aeni
25 Juni 2021, 09:45
Daftar Rest Area Jalan Tol Kanci - Pejagan Dan Fasilitasnya
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ilustrasi beberapa fasilitas yang ada di rest area Kanci - Pejagan

Jalan tol menjadi infrastruktur penting dan prioritas untuk saat ini. Proses pembangunannya terus dikejar. Percepatan pembangunan jalan tol perlu segera dilakukan karena aksesnya yang memadai dapat menunjang pembangunan dan penyetaraan ekonomi di daerah.

Target dari pembangunan tol, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan atau PUPR, akan rampung pada 2024. Target terebut dianggap realistis karena pada Oktober 2020 saja, proses pembangunan jalan tol sudah mencapai 210,3 kilo meter dari total yang ditargetkan sepanjang 1.094 km.

Mengenal Jalan Tol Kanci – Pejagan

Salah satu jalan tol yang sudah lama beroperasi yaitu Jalan Tol Kanci – Pejagan. Jalur ini merupakan jalan tol yang menghubungkan dua wilayah, yakni Kanci yang masuk ke wilayah Cirebon dan Pejagan di Brebes.

Jalan tol yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya ini memiliki panjang sekitar 35 kilo meter dan menjadi jalan tol dengan mobilitas cukup tinggi karena letaknya yang strategis.

Jalan tol ini dilengkapi dengan CCTV di setiap gerbang sehingga memudahkan pihak pengelola untuk melakukan pengawasan. CCTV ini juga membuat pengguna jalan tol merasa lebih aman, karena ketika ada kejadian tak diinginkan terjadi, setidaknya ada kamera pengawas yang bisa menjadi bukti.

Pengelola juga bisa memanfaatkan CCTV sebagai panduan dalam memberikan informasi yang aktual seputar kondisi lalu lintas kepada pengguna jalan tol.

Rest Area Jalan Tol Kanci – Pejagan

Salah satu bagian terpenting dari sebuah jalan tol adalah rest area yang nyaman. Rest area sangat dibutuhkan untuk tempat istirahat dan mencari kebutuhan pengguna jalan tol. Setidaknya ada dua jenis rest area yang ada di jalan tol ini.

1. Rest Area Kilometer 228A

Rest area pertama yaitu rest area di kilometer ke 228A. Rest area ini memiliki beberapa fasilitas yang lengkap dan nyaman, di antaranya stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU, tempat ibadah mushala, tempat makan, layanan kesehatan, toilet khusus difabel sebanyak 12, toilet khusus wanita 118, toilet khusus pria 92, urinoir 86, dan lahan parkir luas.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...