Daftar Rest Area Jalan Tol Kanci - Pejagan dan Fasilitasnya

Rest area menjadi fasilitas yang selalu ada di setiap jalan tol. Berikut ini rest area Jalan Tol Kanci - Pejagan dan fasilitas lengkap yang ada di dalamnya.
Image title
25 Juni 2021, 09:45
Daftar Rest Area Jalan Tol Kanci - Pejagan Dan Fasilitasnya
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ilustrasi beberapa fasilitas yang ada di rest area Kanci - Pejagan

Jalan tol menjadi infrastruktur penting dan prioritas untuk saat ini. Proses pembangunannya terus dikejar. Percepatan pembangunan jalan tol perlu segera dilakukan karena aksesnya yang memadai dapat menunjang pembangunan dan penyetaraan ekonomi di daerah.

Target dari pembangunan tol, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan atau PUPR, akan rampung pada 2024. Target terebut dianggap realistis karena pada Oktober 2020 saja, proses pembangunan jalan tol sudah mencapai 210,3 kilo meter dari total yang ditargetkan sepanjang 1.094 km.

Mengenal Jalan Tol Kanci – Pejagan

Salah satu jalan tol yang sudah lama beroperasi yaitu Jalan Tol Kanci – Pejagan. Jalur ini merupakan jalan tol yang menghubungkan dua wilayah, yakni Kanci yang masuk ke wilayah Cirebon dan Pejagan di Brebes.

Jalan tol yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya ini memiliki panjang sekitar 35 kilo meter dan menjadi jalan tol dengan mobilitas cukup tinggi karena letaknya yang strategis.

Jalan tol ini dilengkapi dengan CCTV di setiap gerbang sehingga memudahkan pihak pengelola untuk melakukan pengawasan. CCTV ini juga membuat pengguna jalan tol merasa lebih aman, karena ketika ada kejadian tak diinginkan terjadi, setidaknya ada kamera pengawas yang bisa menjadi bukti.

Pengelola juga bisa memanfaatkan CCTV sebagai panduan dalam memberikan informasi yang aktual seputar kondisi lalu lintas kepada pengguna jalan tol.

Rest Area Jalan Tol Kanci – Pejagan

Salah satu bagian terpenting dari sebuah jalan tol adalah rest area yang nyaman. Rest area sangat dibutuhkan untuk tempat istirahat dan mencari kebutuhan pengguna jalan tol. Setidaknya ada dua jenis rest area yang ada di jalan tol ini.

1. Rest Area Kilometer 228A

Rest area pertama yaitu rest area di kilometer ke 228A. Rest area ini memiliki beberapa fasilitas yang lengkap dan nyaman, di antaranya stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU, tempat ibadah mushala, tempat makan, layanan kesehatan, toilet khusus difabel sebanyak 12, toilet khusus wanita 118, toilet khusus pria 92, urinoir 86, dan lahan parkir luas.

Fasilitas-fasilitas tersebut membuat siapa saja yang berhenti di sana merasakan kenyamanan. Yang menjadikan rest area ini menjadi unik adalah jumlah toiletnya yang sangat banyak,  sehingga mencukupi untuk kebutuhan para pengunjung.

2. Rest Area Kilometer 229B

Rest area jalan tol Kanci - Pejagan yang kedua yaitu di kilometer ke 229B. Rest area ini dapat anda singgahi ketika anda melewati jalan tol dari Jawa Tengah ke Jawa Barat. Rest area ini masuk dalam rest area tipe A dengan fasilitas yang tak kalah lengkap dari rest area sebelumnya. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya SPBU, area parkir, toilet, minimarket, mesin ATM, dan fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa anda gunakan. Fasilitas yang ada di rest area tersebut membuat siapa saja yang datang ke tempat tersebut merasa nyaman.

Layanan Lain di Jalan Tol Kanci - Pejagan

Selain rest area, di jalan tol ini masih ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Berikut ini fasilitas lain yang ada di jalan tol tersebut;

1. Layanan Derek Mobil

Layanan ini sangat penting karena dapat membantu kendaraan yang mogok. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang tentu saja di sana tidak ada bengkel atau sejenisnya yang bisa dihampiri saat ada masalah dengan kendaraan. Maka dari itu, apabila kendaraan bermasalah saat melewati jalan tol, Anda bisa menghubungi layanan derek yang biasanya bekerja sama dengan pengelola jalan tol tersebut.

2. Layanan Ambulance

Tidak ada yang bisa menebak hal-hal darurat bisa terjadi di jalan raya, termasuk di jalan tol. Tidak ada yang menjamin 100 persen aman walaupun segala fasilitas dan infrastruktur dibuat dengan material yang berkualitas.

Maka dari itu, layanan darurat seperti mobil ambulance ini sangat dibutuhkan. Ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ambulance ini bisa lebih cepat memberikan pertolongan pertama dan membawa ke tempat kesehatan yang lebih proper.

3. Layanan Mobil Rescue

Selain ambulance diketahui pula ada mobil rescue yang juga diperuntukan saat keadaan darurat. Layanan ini dapat anda panggil ketika terjadi masalah saat melewati jalan tol kanci - pejagan.

Demikian ulasan seputar jalan tol kanci - pejagan, mulai dari asal usul, daftar rest area, sampai pada fasilitas lengkap lainnya. Semoga dapat memberikan informasi tambahan untuk anda yang akan melewati jalan tol ini.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait