3 Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di HP dengan Mudah

Siti Nur Aeni
6 Juli 2021, 13:40
3 Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di HP Dengan Mudah
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.
Seorang warga menunjukkan kartu vaksin Covid-19

Cara download sertifikat vaksin akhir-akhir ini banyak dicari. Pertanyaan tersebut muncul berkaitan dengan syarat perjalanan selama PPKM Darurat, yang berlangsung dari 3 hingga 20 Juli 2021, yang mensyaratkan membawa sertifikat vaksin.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 sudah berlangsung sejak awal tahun. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin virus corona. Semenjak saat itu vaksin covid-19 selalu menjadi perbincangan banyak pihak.

Advertisement

Ada beberapa hal menarik yang perlu kita ketahui terkait vaksin ini. Salah satunya yaitu mengenai sertifikasi vaksin covid-19. Apa itu sertifikat vaksin dan bagaimana cara download-nya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Sertifikat Vaksin?

Sertifikat vaksin diberikan pemerintah kepada masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan beberapa hari setelah proses vaksinasi. Sedangkan pada hari yang sama, peserta akan mendapatkan kartu vaksin yang harus dibawa untuk mengikuti vaksinasi dosis berikutnya.

Untuk Anda yang sudah mengikuti vaksinasi akan mendapatkan dua sertifikat: sertifikat vaksin dosis pertama dan sertifikat dosis kedua. Pemberian sertifikat ini akan diinformasikan selalui SMS ke nomor handphone yang Anda daftarkan saat registrasi.

Sertifikat vaksin perlu sebagai syarat ketika hendak bepergian, terutama bepergian jauh menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat. Bukan hanya itu, sertifikat vaksin juga berfungsi sebagai bukti bahwa pemilik sertifikat telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Untuk cek sertifikat vaksin ada beberapa cara, seperti berikut ini:

Cek Melalui SMS

Setelah Anda mengikuti vaksinasi, beberapa hari kemudian biasanya akan mendapatkan SMS yang berisi informasi terkait waktu serta tempat untuk melaksanakan vaksinasi dosis berikutnya. SMS tersebut dikirimkan oleh 1199 ke nomor handphone Anda.

Halaman:
Editor: Redaksi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement