9 Manfaat Madu bagi Kesehatan, Obat Alami Tubuh

Image title
3 Agustus 2021, 15:15
Manfaat madu bagi kesehatan tubuh
ROMAN ODINTSOV/Pexels
Manfaat madu bagi kesehatan tubuh

Madu sudah tak asing kita temui dalam berbagai produk, baik madu murni, olahan, atau makanan dan minuman ringan. Madu merupakan hasil hubungan simbiosis mutualisme antara lebah dan tanaman. Komoditas ini telah digunakan sebagai obat tradisional yang memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kegunaan medis.

Sebagian besar madu yang Anda temukan di toko sudah melalui proses pasteurisasi. Panas tinggi membunuh ragi dalam madu sehingga meningkatkan warna dan tekstur, menghilangkan kristalisasi, dan memperpanjang umur simpan.

Oleh karena itu, madu yang sudah diolah telah kehilangan banyak nutrisi bermanfaat. Untuk mendapatkan manfaat madu bagi kesehatan, gunakan madu murni yang belum diolah seperti madu dari produsen lokal yang terpercaya.

Menurut penelitian oleh Abdulwahid Ajibola dalam Malaysian Journal of Medical Sciences, madu murni mengandung vitamin dan mineral berikut:

  • Niacin
  • Riboflavin
  • Asam pantotenat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Kalium
  • Fosfor
  • Zinc

Melansir dari situs WebMD, satu sendok makan madu mengandung:

  • Kalori: 64 kal
  • Protein: 0 grams
  • Lemak: 0 grams
  • Karbohidrat: 17 grams
  • Serat: 0 grams
  • Gula: 17 grams

Dengan begitu banyak kandungan nutrisi dan vitamin dalam madu, berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk kesehatan.

1. Meredakan Batuk

Madu bermanfaat sebagai obat alami untuk batuk karena memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Penelitian tentang efektivitas madu untuk infeksi saluran pernapasan menunjukkan bahwa madu merupakan pengobatan batuk yang alami dan efektif. 

Menurut Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, madu dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat yang mengandung dekstrometorfan (DM).

Anda dapat minum madu dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu bisa meredakan batuk sementara lemon dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa makan madu dengan sesendok atau mengoleskannya di atas roti untuk camilan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebuah tinjauan baru tentang manfaat madu untuk menjaga pencernaan telah diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine Insights. Penelitian tersebut menyatakan bahwa madu memiliki sifat prebiotik yang membantu fermentasi bakteri baik dalam usus, termasuk bifidobacteria dan lactobacilli yang mendukung kekebalan tubuh jadi lebih kuat. Dengan demikian, manfaat minum madu dapat menjaga kesehatan pencernaan.

3. Menyembuhkan Luka

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa madu bekerja dengan baik sebagai obat untuk luka. Sebuah tinjauan di Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa madu berguna dalam penyembuhan luka karena sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antivirus dan antijamur. Madu bersifat asam sehingga membantu melepaskan oksigen dari luka untuk mempercepat penyembuhan. Oleskan madu mentah langsung ke luka kecil dan luka bakar, lalu tempelkan kain kasa atau perban di atas luka.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Madu bisa menangkis radang gusi dan penyakit periodontal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Academy of Periodontology menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dapat mengurangi plak dan pendarahan gusi.

Hal tersebut mungkin tampak aneh karena madu yang manis biasanya dianggap tidak cocok untuk kesehatan mulut. Namun, sifat antibakteri alami dalam madu menunjukkan bahwa madu lebih berpotensi untuk melawan penyebab kerusakan gigi daripada menyebabkan gigi berlubang.

5. Mencegah Pengerasan Arteri

Manfaat madu salah satunya adalah mencegah pengerasan arteri, yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Diterbitkan pada tahun 2019, juga dalam jurnal Nutrients, peneliti menunjukkan bahwa madu mengandung lebih dari 180 zat, termasuk gula alami serta sejumlah besar vitamin, mineral, dan fitokimia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam madu adalah faktor utama yang membantu mencegah pengerasan arteri. Mengonsumsi madu dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sehingga dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan pada tubuh.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...